Cara Masak Aneka Resep Telur Gabus di Hari Raya

Assalammualaikum Sobat Ummi. Sudah sewajarnya kebahagiaan di hari yang fitri kita sambut dengan hidangan spesial. Bagi anda yang kangen menikmati gurihnya kue telur ikan gabus, kami akan sajikan cara masak aneka resep telur gabus di hari raya.

Pada kesempatan kali ini, Dapur Ummi akan sharing setidaknya dua resep kue ikan gabus, yakni rasa keju dan rasa manis. Baca sampai tuntas yang bund!

Cara Masak Resep Telur Gabus Rasa Keju yang Cocok Untuk Hari Raya

Dilansir dari akun youtube dapur dina, ini lah cara memasak resep kue telur telur ikan gabus rasa keju yang bisa dijadikan alternatif sajian di hari raya;

Resep kue ikan gabus rasa keju

Bahan-bahan; 150 gram tepung kanji, 150 gram tepung kanji, 2 sendok makan tepung maizena, ½ sendok teh garam, 100 gram keju cheddar diparut halus dan terakhir 2 butir telur yang dikocok.

Cara masak ;

Pertama; Aduk rata tepung kanji, tepung maizena, garam, dan keju cheddar

Kedua; tambahkan telur lalu aduk hingga rata. Uleni hingga kalis. Bila adonan kurang lemas, bisa ditambahkan sedikit air supaya mudah dibentuk.

Ketiga; bagi adonan menjadi 4 bagian, bulatkan, bungkus adonan dengan plastic wrap agar adonan tidak kering.

Keempat; tuang minyak goreng secukupnya ke wajan tapi jangan nyalakan api terlebih dahulu.

Kelima; Ambil ¼ sdt adonan, bentuk seperti cendol panjang menggunakan telapak tangan. Masukkan langsung ke dalam wajan berisi minyak yang belum dipanaskan tadi. Lakukan hingga 1 bagian adonan habis.

Keenam; sekaraang panaskan wajan di atas api kecil, dan tunggu hingga adonan terapung. Aduk secara berkala hingga warnanya kuning kecokelatan dan kering. Angkat, tiriskan

Ketujuh; angkat wajan dari atas api, biarkan minyak dingin kembali. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan. Tiriskan dan dinginkan. Simpan dalam wadah bertutup rapat.

Simpel kan bund? Okey, next, kita ke resep yang kedua!

Cara Masak Resep Telur Gabus Rasa Manis

Resep kedua adalah bagaimana cara masak kue telur gabus bagi yang suka rasa manis. Ini dia!

Resep telur ikan gabus manis

Bahan-bahan; 150 gram tepung sagu, 1 sdm wijen, 2 butir telur, 35 gram tepung terigu protein sedang, 2 sdm air, 1/4 sdt garam & minyak goreng secukupnya.

Bahan untuk besta; 100 ml air, 100 gram gula merah, 1 sdm wijen putih yang sudah disangrai & 100 gram gula pasir

Cara membuatnya;

Pertama; masukan telur ke dalam mangkuk, lalu kocok lepas dan sisihkan terlebih dahulu.

Kedua; sisir halus gula merah dan sisihkan.

Cara membuat adonan telur gabus;

Pertama; ambil wadah untuk mengolah adonan. Masukkan tepung terigu, tepung sagu, telur yang sudah dikocok dan garam. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata.

Kedua; tambahkan wijen, aduk kembali hingga merata.

Ketiga; masukan air dengan takaran yang sudah ditentukan. Kemudian uleni semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata dan kalis.

Keempat; ambil adonan sedikit saja, lalu bentuk oval seperti umumnya kue ikan gabus.

Kelima; ambil wajan yang akan digunakan untuk menggoreng telur gabus. Lalu tuangkan minyak goreng ke dalamnya. Masukan adonan yang sudah dipilin ke dalam minyak goreng dingin hingga penuh.

Keenam; simpan wajan yang sudah anda isi dengan adonan di atas api sedang. Kemudian anda bisa menggorengnya sambil diaduk hingga adonan kering. Kmeudian dinginkan terlebih dahulu.

Cara membuat besta;

Pertama; silakan masukan air ke dalam panci kecil. Lalu rebus bersama dengan gula pasir dan gula merah. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga berambut.

Kedua; mematikan apinya. Masukan wijen putih yang sudah anda sediakan beserta telur gabus yang sudah anda goreng tadi. Kemudian anda bisa mengaduk-aduknya di atas api kecil hingga kering.

Ketiga; angkat dan diamkan beberapa saat hingga dingin. Baru setelah dingin anda bisa memasukannya ke dalam wadah atau toples.

Semat mencoba dan menjadikan menu kue ikan gabus ini sebagai suguhan di hari raya anda.

Leave a Comment