Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Kebiasaan Makan Malam

Assalammualaikum Sobat Positif. Makan malam bagi kalangan middle up adalah life style. Tapi dr Zaidul Akbar justru berhasil ungkap bahaya kebiasaan makan malam secara medis.

Sang Penggas Jurus Sehat Rasululloh (JSR), dr Zaidul Akbar menyoroti bahaya kebiasaan makan malam dan menganjurkan jamaah kajiannnya sebisa mungkin untuk stop kebiasaan tersebut.

Pakar herbal ini berpandangan akan ada efek buruk bagi tubuh dikemudian hari. Bgaimanakah pembahasan beliau mengenai hal ini?

Mari kita cek dan baca sampai tuntas ya Sob!

Sebagian kita mungkin bertanya-tanya, mengapa kebiasaan makan malam perlu dihindari?

Allah telah tetapkan malam sebagai waktu istirahat bagi kinerja operasional tubuh, termasuk di dalamnya enzim, hormon, sistem pencernaan dan organ tubuh lainnya.

Sehingga menjadi tidak ideal jika tubuh masih dipaksa bekerja.Termasuk salah satunya adalah untuk mencerna makanan.

Jadi organ pencernaan dan hormon-hormon tubuh yang aktiv dimalam hari memang Allah desain bukan lagi untuk memproses makanan yang masuk ke badan.

Inilah suatu alasan yang fitrah, selain dari alasan medis yang akan kita ulas di sini.

Sebisa mungkin hindari kebiasaan makan terlalu malam

Menurut dr Zaidul Bahaya Kebiasaan Makan Malam Bisa Kita Hihindari Dengan Waktu Makan yang Pas

Sebelum menjelaskan waktu yang pas untuk santap malam, dr Zaidul kembali curhat akan beratnya beban yang dipikul umat ini jika harus bicara kapan hadrinya generasi emas dimasa depan;

“Sebut saja, jika kita harus berbicara mengenai perihal lapar atau bagaimana melaparkan diri (puasa), jujur masih berat.

Karna hal ini amatlah sulit bagi orang yang masih mengutamakan syahwat banyak makannya. Apalagi jika kta kan berbicara generasi emas muslim abad ini,” begitulah curahan hati beliau.

Allah jadikan malam untuk beristirahat

Lalu beliau menjelaskan mengenai waktu kebiasaan makan malam yang pas sehingga potensi bahaya dari kebiasaan ini bisa dihindari;

“Jika ditanyakan kepada saya; Dokter kapan waktu terbaik untuk makan? Maka saya akan jawab dengan jawaban yang telah Allah tuliskan dalam alquran.

Beliau pun mengutip salah satu ayat dari QS Al-Furqon ayat 47;

Dan Dialah yang menjadikan malam untukmu sebagai pakaian, dan untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk berusaha.

Kemudian secara tegas beliau memberikan batasan, bahwa jika kita mau sehat maka mulai dari sekarang harus mengikuti pedoman (ayat) itu.

”Maka waktu baiknya kapan?”

Pertanyaan retoris kepada jamaah itu kemudian langusng beliau jawab sendiri;

“Ya waktu matahari terbit hingga tenggelam. Itu kata kunci pertamanya.”, jelas beliau.

Menurut dr Zaidul Salah Satu Bahaya Kebiasaan Makan Malam yang Tidak Pas Waktunya Adalah Gula Darah Naik

Pakar Herbal tersebut, kembali mengaskan mengenai sebab-musabab masalah kesehatan yang melanda umat abad ini;

“Jadi masalah kesehatan umat pada masa kini adalah karna dua hal ini dilanggar. Pertama dilanggarnya sunatullah dalam alquran dan dilanggarnya sunnah nabi sholallohu alaiwasaalam.

Salah satu contohnya disuruh tidur tapi manusia tidak mau tidur, tapi malah bergadang dan sambil makan-makan.

Kemudian beliau membawakan salah satu hasil penelitian;

“Sebuah penelitian, dengan mengambil sampel dua kelompok orang. Komunitas yang satu disediakan makan setap wakyu pagi. Kemudian komunitas yang satunya diberikan jatah makan diwaktu malam.

Dengan asumsi porsi yang sama serta kulaitas kandungan makanannya sama, ternyata sefeknya luar biasa. Yakni, komunitas sampel yang dijatah waktu makan dimalam hari gula darahnya naik drastis.”

Kebiasaan makan malam memicu gula darah naik

Sambil sedikit bergurau namun tetap serius beliau lemparkna pertanyaan ke peserta kajian; “Itu melanggar sunatulloh  gak?”

Tanpa dijawab pertanyan tersebut beliau menyambungnya dengan komentar;

“Maka kalau ditanya waktu olah raga yang terbaik itu kapan?

Ya bukan malam!

Malam hari itu waktunya ngapain? Ya untuk tidur sesuai sunatulloh.

Bahkan jika kita tetap melanggar, nanti akan ada hubungannya dengan sakit kanker. Karna kalau sunatulloh yang satu ini dilanggar pasti ngfeknya ke hormon!”

Bahaya Kebiasaan Makan Malam Juga Diungkap Para Ahli  

Dilansir dari republika.com, disebutkan bahwa bahaya kebiasaan makan malam setelah pukul 19.00 wib berpotensi meningkatkan serangan jantung.

Maka para ahli pun menganjurkan untuk mengatur secara ideal frekuensi waktu makan yang pas, bahkan kemampuan seseorang mengatur waktu makan sama pentingnya dengan kemampuan menentukan apa yang akan kita makan.

Bahaya dari kebiasaan makan malam selanjutnya adalah diabetes. Jadi memang sebaiknya kita semua menghindari kebiasaan makan malam di atas jam tersebut.

Selebriti tanah air yang meninggal diduga karna serangan jantung

Argumen Ilmiah dr Zaidul Tentang Bahayanya Kebiasaan Makan Malam; So Tinggalkan!

Hasil telaah dr Zaidul menyimpulkan bahwasanya hormon pada manusia akan bekerja sesuai ritme matahari. Artinya ketika matahari itu terbit, maka yang muncul dalah tubuh kita adalah hormon simpatik.

Fungsinya adalah mendorong atau memacu kinerja organ-oragan tubuh antara lain sangat penting dalam memompa jantung dan merangsang  sekeresi glukosa dalam hati.

Sebaliknya jika matahari tenggelam maka yang bekerja hormon parasimpatik. Hormon ini memiliki tugas yang cenderung berlawanan dengan hormone simpatik.

“ketika matahari tenggelam makanya kita disuruh Allah istirahat.”, tambahnya.

Sampai di sini nampak jelas pola hidup yang dicontohkan rasululloh. Baginda Nabi mempraktekkan waktu setelah isya untuk istirahat, kemudian baru bangun di sepertiga malam untuk qiyamul lail.

Jadi jangan sampai terbalik, malam hari untuk bekerja, sementara siang untuk istirahat. Ini berlawanan dengan sunatulloh, kata beliua lebih lanjut.

Mari berlatih untuk menghentikan kebiasaan makan malam

Okey Sobat, sampai di sini apakah kalian paham?

Jadi jangan sampai terbalik, yakni hormon parasimpatik disuruh bekerja di malam hari, dia tidak akan sanggup.

Karna tak sanggup, maka yang masuk ke tubuh dimalam hari pun tidak akan diolah dengan sempurna, dan hanya akan menumpuk di badan sebagi sampah yang seiring waktu memicu kanker dan diabetes.

Ngeri kan? Tapi kalian pasti bisa hindari kebiasaan makan malam di atas jam 19.00? Okey!

Leave a Comment