Zaidul Akbar: Manfaat Tempe Plus Kurma Is The Best!

Assalammulaikum Sobat Hebat. Keajaiban manfaat tempe yang dipadukan dengan kurma seringkali diviralkan oleh dr Zaidul Akbar yang mana statemen beliau tempe plus kurma is the best! Perlu diketahui juga bahwa tempe mentah dan kurma adalah bahan makanan yang konong sangat disenangi oleh organ pencernaan kita. Hebatkan? Lalu resep seperti apa yang direkomendasikan oleh Sang Penggagas Jurus Sehat Rasululloh (JSR) agar tempe dan madu semakin nikmat dan berkah jika kita kunyah-kunyah. Baca sampai tuntas ya Sob!

Dakwah Manfaat Tempe & Madu Untuk Kesehatan Telah Masuk Ke Sekolahan Anak dr Zaidul

Pada salah satu sesi kajian beliau menyampaikan rasa syukurnya, karna dawah Jurus Sehat Rasululloh atau yang sering kita sebut JSR telah sampai  ke btemapt dimana putra beliau bersekolah. “Kemarin di sekolah anak saya, gurunya bilang begini; anak-anak besok bawa tempe sama kurma yah, ternyata gurunya habis lihat kajian saya di youtube. Alhamdulillah, saya bersyukur, karna jadi bagus kan maksud gurunya (dengan menyuruh murid-murid hidup sehat.)”, begitu kata beliau sambil disambut senyum para peserta kajiannya.

Kurma & tempe bisa untuk sarapan pagi anak sekolah

Manfaat Tempe Plus Kurma dan Resepnya di Sekolah Anak dr Zaidul?

Sudah cukup banyak penjelasan, bahwasanya manfaat tempe akan maksimal jika dikonsumsi dalam kondisi mentah. Andaipun dikatakan mentah 100% pun tidak, karna kedelai sebagai bahan utama tempe pasti telah ditanak sampa matang saat proses pembuatan menjadi tempe. Hanya saja kebiasaan kita menganggap tempe itu mentah sebelum digoreng ataupun dibacem. Jadi, jangan terlalu kawatir dengan image makan tempe mentah, karna pada dasarnya kedelainya sudah ditanak sampai matang.

Lalu seperti apa yang dipraktekkan Sang Guru dari anak dr Zaidul di sekolahan tentang penugasannya kepada murid-murid untuk membawa tempe dan kurma? Ya, ternyata murid-muridnya diajarkan untuk membuat sandwich tempe. Sangat sederhana bukan, tapi sungguh bermanfaat bagi kesehatan. Kata dr Zaidul; “Tempe ketemu ketemu kurma, is the best! Enak banget!”

Resep Sandwich Tempe & Kurma Untuk Kesehatan Ala dr Zaidul Akbar

Bagi yang sudah mencoba, mungkin akan terus merasa ketagihan. Karna cara pembuatannya sederhana, namun manfaatnya bagi kesehatan luar biasa. Cek ya, resep sandwich tempe plus kurma dari dr Zaidul Akbar;

Bahan: 1 papan temped dan 5 atau 6 butir kurma

Cara membuat: pertama; iris-iris tempe dengan ketebalannya sesuai selera. Kedua; kemudian kurma dibelah untuk dibuang bijinya. Ketiga; susun tempe dan kurma, kurma agak digepengkan. Selesai, dan bisa langsung dinikamati. Gampang sekali kan Sob?

Sandwich tempe

Dr Zaidul menambahkan; “Kalau mau lebih enak lagi, lebih mantap gitu, tempe diikat, terserah diikat pakai apa, terus celupin ke madu. Pasti, itu the best. Enank banget!”

Manfaat Tempe Jika Ketemu Kurma Untuk Kesehatan Menurut dr Zaidul

Salah satu kunci kesehatan perut kita menurut dr Zaidul, dalam hal ini saluran pencernaan, maka ada dua hal kunci yang harus dijaga, yakni keberadaan probiotik dan prebiotik. Sudah pernah kita bahas sebelumnya bahwa probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang saat dikonsumsi akan memberikan berbagai macam manfaat yang baik bagi pencernaan. Diantaranya menyeimbangkan ekosistem dalam pencernaan dan mencegah serta membantu mengatasi infeksi saluran pencernaan.

Sementara probiotik merupakan senyawa natural dalam makanan yang tidak dapat dicerna oleh usus namun berfungsi sebagai suplemen untuk mendorong tumbuhnya mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan. Jadi prebiotik bermanfaat besar untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Beberapa sumber makanan prebiotik

Jadi apa manfaatnya jika tempe bertemu madu? Ya, tempe adalah salah satu probiotik terbaik yang dimiliki bangsa ini, sedangkan kurma adalah prebiotic yang menjadi sunah Nabi jika kita mengkonsumsinya. Lebih lanjut dr Zaidul menjelaskan: “jikalau kita bahas perut kita, kunci kesehatannya ada dua, yakni prebiotik dan probiotik. Dan Indonesia itu kaya banget probiotik, salah satu probiotik paling bagus yang dimiliki Indonesia namanya apa? Jawabnya adalah tempe. Ketika prebiotik ketemu probiotik maka pencernaan kita bahagianya luar biasa, jika dia bisa ngomong mungkin akan mengucapkan jazakallohu khoir. Jika tempe ketemu kurma maka kita sedang mengawinkan probiotik dengan prebiotik. Dan setelah itu kita gak perlu makan banyak-banyak lagi, karna apa yang dibutuhkan perut kita (probiotik dan prebiotik) sudah terpenuhi. Jadi pagi-pagi sarapannya sudah cukup dengan tempe dan ngemil kurma. Tempe mengandung protein dan kurma mengandung gula, digabungkan akan the best banget.”

Jadi jangan ragu untuk sarapan tempe mentah plus ngemil kurma ya Sob. Selamat mencoba!

Leave a Comment