Manfaat Dari Menahan Lapar yang Harus Kita Syukuri

Assalammualaikum Sobat Positif. Ternyata banyak rahasia manfaat yang dahsyat jika kita menahan lapar dan ini harus disykuri, karna manfaatnya tidak didapatkan oleh orang yang berlebihan dalam makan.

Mengapa beberapa orang dianjurkan menunda makan sebagai bentuk tidakan medis untuk dirinya? Ternyata manfaat yang dahsyat jika seseorang sanggup menahan lapar pernah diungkap oleh dr Zaidul Akbar.

Memang banyak di antara kita yang belum menyadari, banyak sekali manfaat yang bisa diambil oleh tubuh pada kondisi lapar tersebut.

Baik Sobat, sebelum kita rinci lebih detail mengenai apa saja manfaat itu, saya ajak kalian untuk bersyukur sejenak. Jika kita sudah memiliki cukup makanan untuk dinikmati bersama keluarga, maka bersyukurlah.

Karna masih ada saudara kita di belahan bumi lain masih berjuang dan mengantri untuk mendapatkan sesuap nasi.

Tetapi bagi kamu yang sekarang juga sedang lapar, bersabarlah, karna akan ada manfaat dari kesabaran mu menahan lapar. InsyaAllah!

Bersabar agar dapat manfaat dari menahan lapar

Menahan Lapar Adalah Salah Satu Kunci Sehat

Sejujurnya diri manusia itu memang lebih lapar terhadap sabar daripada minuman ataupun makanan yang disajikan oleh restoran termahal.

Kata dr Zaidul Akbar;

“Nanti kalau kita sudah sampai pada pemahaman di titik ini, Allah akan perbaiki emosi dan akhlaq kita. Jadi kuncinya sehat adalah jangan banyak makan, maka kita harus pandai mengatur atau menahan lapar.

Dan sekali makan jangan banyak-banyak.”

Kata beliau lebih lanjut;

“Karna sepiring rasa sabar, sepiring rasa syukur, ikhlas, tawadhu, penyayang, pemaaf, akan lebih kita butuhkan daripada  satu piring yang berisi makanan paling sehat sedunia sekalipun.”

Begitu nasehat dr Zaidul Akbar dalam salah satu ceramahnya.

dr Zaidul Akbar: pandai menahan lapar adalah satu kunci sehat

Kemampuan Menahan Lapar Adalah Elemen Pertama Kedisiplinan Diri

Sobat JSR mungkin sudah akrab juga dengan quotes dari dr Zaidul Akbar:

“Hunger is the first element of subdicipline, if you can control hunger, you can control everything else.”

Lapar adalah elemen pertama kedisiplinan diri.

Kata kuncinya, menurut beliau;

“Jika kita bisa mengendalikan lapar maka kita bisa mengendalikan yang lain. Misalnya kita bisa menahan amarah, lebih banyak bersabar, tidak mengeluh, dan sebagainya.”

itulah pentingnya menahan lapar. Ternyata dengan kemampuan menahan lapar tersebut kita bisa secara langsung berlatih mengontrol banyak hal.

Kemampuan menahan lapar adalah kunci kedisiplinan diri

Wajarlah generasi sahabat menjadi generasi terbaik sepanjang sejarah umat manusia, karena mereka adalah generasi yang sering puasa.

Sehingga mereka memiliki self controlling yang baik. Ini yang membedakan dengan generasi akhir jaman yang sedikit-sedikit makan.

Lalu apa yang terjadi dalam tubuh saat kita menahan lapar?

Ini Dahsyatnya Manfaatnya!

Dalam salah satu ceramahanya dr Zaidul Akbar menyampaikan manfaat terpenting disaat kita menahan lapar, yakni kemampuan tubuh kita melakukan auto detox.

Detox diambil dari kata detoksifikasi yang artinya proses pembuangan toksin atau racun dari tubuh.

Sehingga saat kondisi kita lapar, kemudian kita tahan, maka sesungguhnya kita sedang mempersilahkan tubuh kita untuk melakukan pembuangan toksin yang selama ini masuk ke dalah tubuh.

Manfaat yang lain juga dr Zaidul jelaskan:

Pertama; body fat atau masa lemak tubuh pasti akan menurun.

Kedua; terjadi apoptosis atau pembuangan sel-sel yang sudah rusak dan tidak digunakan oleh tubuh.

Ketiga; tubuh kita akan memperbaiki signal-signal yang berhubungan dengan metabolisme gula, hal ini penting untuk mengurangi penumpukan gula yang bisa menyebabkan diabetes militus.

Keempat; sensivitas insulin akan diperbaiki atau ditingkatkan. Insulin merupakan hormon penting yang bekerja untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Kinerja utamanya berkaitan dengan fungsi metabolisme dan pemenuhan kebutuhan sumber energy bagi seluruh sel tubuh.

Kelima; terjadi autofagi yaitu suatu kondisi tubuh kita menjalani proses semacam memakan sel-sel yang telah mati dan mendaur ulang.

Dan proses autofagi ini hanya bisa dilaksanakan jika tubuh kita pada kondisi lapar.

Bagi kalian yang mau mengunjungi kajian beliau, bisa langsung ke link beriktut ini:

Jadi, Sobat JSR, jika rasa lapar itu muncul pada diri anda, stop!

Jangan langsung makan, ya!

Tahanlah setengah sampai satu jam dan biarkanlah tubuh kita melakukan bersih-bersih terhadap racun dan sel-sel yang tidak berguna dalam tubuh.

Semoga informasi ini bermanfaat ya sobat!

Leave a Comment