Tips Memperbaiki Pencernaan Tanpa Obat Tanpa Dokter Ala Zaidul Akbar

Assalammualaikum Sobat Positif. Organ pencernaan amatlah penting bagi tubuh. Jangan biarkan ia tanpa perawatan. Inilah tips memperbaiki pencernaan tanpa obat tanpa dokter ala Zaidul Akbar yang bisa kalian coba praktekkan.

Jika selang bensin ataupun komponen bahan bakar kendaraanmu rusak, langkah apa yang pertama ditempuh? Lalu bBagaimana jika ususmu yang bocor?

Sistem penceranan tubuh kita sudah barang tentu jauh lebih mahal nilainya dari pada sekadar komponen bahan bakar supercar sekalipun. Sebab itu sudah semestinya manusia memberinya perhatian yang lebih.

Siapkah kalian menyayangi tubuh sendiri?

Okey, kali ini dr Zaidul Akbar akan berbagai tips bagaimana memperbaiki pencernaan tanpa obat tanpa dokter.

Lebih mudah dan murah kan, Sob?

Kenali Dulu Sebelum Bahas Tips Memperbaiki Pencernaan dari dr Zaidul Akbar

Sebenarnya kalian sudah mengenal 12 organ manusia yang berperan melaksanakan proses pencernaan makanan. Terkecuali kamu sengaja absen setiap guru biologi kalian masuk kelas, ya?

Sambil kalian mengingat-ingat, saja review sedikit. Secara umum sistem pencernaan manusia terdiri dari saluran pencernaan bagaian atas, yaitu mulai dari rongga mulut, esophagus & lambung.

Kemudian setelah turun dari lambung, makanan yang masuk ke tubuh akan diolah oleh saluran pencernaan bagian bawah, yang terdiri dari usus halus, usus besar, rektum dan anus.

Kalian hafal kan urutannya?

Organ Pencernaan Manusia

Semua organ memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Jika salah satunya saja terganggu, sudah pasti dampaknya juga akan sistemik.

Badan akan merasakan ketidaknyamanan bahkan harus terbaring di rumah sakit. Tapi jangan sampai terjadi pada kita ya?

Cara kerja mereka juga dibagi dua, bekerja secara mekanik dan bekerja secara kimiawi. Perlu juga dipahami, jika sistem pencernaan ini tak pernah berhenti berkerja.

Mereka terus beroperasi selama 24 jam sehari. Jadi, betapa teledornya kita jika tidak memperhatikan proses pemeliharaannya agar tetap dapat bbekerja secara prima sepanjang hayat kita.

Beberapa Problem Pencernaan

Gangguan sistem pencernaan bisa terjadi pada salah satu organ saja, bisa juga terjadi pada beberapa organ secara bersamaan. Beberapa gejala yang ditimbulkan bisa beragam.

Mulai dari sulit menelan, heartburn (dada seperti terbakar), mual, muntah, perut kembung, sakit maag, sakit perut, diare, sembelit, muntah darah atau BAB berdarah, berat badan naik atau malah turun.

Jadi cukup bergam ya gaes keluhan yang sering terjadi akibat gangguan sistem pencernaan.

Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling sering terjadi

Gangguan pencernaan paling sering disebabkan oleh pola makan yang buruk, kurang asupan buah dan sayur, mengkonsumsi alkohol, dan punya riwayat maag.

Tetapi jika penyebab gangguan ini sudah bisa kalian hindari, maka hari-hari kalian saya yakin aman. Kecuali ada hal kusus yang menyebabkan perut kalian sakit.

Okey, sekarang kita cek apa saja tips memperbaiki pencernaan yang pernah disampaikan dr Zaidul dalam salah satu kajiannya.

Tips Memperbaiki Pencernaan dr Zaidul yang Pertama Adalah Hindari Hal Berikut:

Satu; jangan sering minum antibiotic, karena antibiotic menurut dr Zaidul akan menguras enzim pencernaan. Jadi jangan mengkonsumsi antibiotik terkecuali sudah emergency banget, saran beliau.

Dua: hindari produk-produk yang mengandung gluten. Gluten adalah satu jenis protein yang terdapat di dalam gandum dan jelai (barley). Pada makanan gluten berfungsi sebagai pengembang yang menghasil tekstur kenyal dan elastis.

Gluten perlu dihindari karna mengandung glukosa yang sangat tinggi. Jika hendak mengkonsumsi tepung dan sagu carilah yang non gluten, kata dr Zaidul.

Tiga: hindari makanan yang bisa menyebabkan intoleransi. Intoleransi makanan adalah sebuah kondisis diamana tubuh tidak dapat mencerna zat tertentu yang dikandung dalam makanan dan minuman.

Hal tersebut adalah bentuk reaksi kimia antara zat makanan dengan kondisi pencernaan. Gejala yang timbul kadang baru dirasakan setelah beberapa jam mengkonsumsi makanan tertentu.

Misal seseorang yang perutnya selalu trouble serelah mengkonsumsi masakan bersantan. Maka pencernaan orang tersebut dikatakan intoleransi terhadap santan.

Jadi agar aman idetifikasi dulu makanan yang akan masuk, termasuk yang bersahabat dengan atau intoleransi.

Salah satu cara menjaga pencernaan adalah hindari produk yang mengandung gluten

Tips Memperbaiki Pencernaan dr Zaidul yang Kedua Adalah Anjuran Melakukan Hal Berikut:

Agar sistem pencernaan bagus, dr Zaidul merekomendasikan kita untuk melakukan beberapa hal;

Satu; sering mengkonsumsi probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan efek baik. Contoh probiotik yang paling populer dan merakyat adalah tempe.

Maka saran dr Zaidul; sesering mungkin untuk makan tempe namun dalam kondisi mentah, karna jika digoreng probiotiknya akan rusak. Dan akan menjadi paket kesehatan yang lengkap bagi sitem pencernaan jika tempe dikolaborasikan dengan kurma dan madu.

Dua; sesering mungkin berolahraga sampai berkeringat.

Tiga: banyak mengkonsusmsi protein nabati.

Empat: mulai sering mengkonsumsi resistant starch (RS). Resistant starch merupakan makanan yang banyak memberikan manfaat  bagi kesehatan.

RS di usus besar berfungsi sebagai makanan bagi bakteri usus, dan juga sumebr energy bagi sel-sel usus besar. Contoh RS adalah kurma dan bekatul.

Lima; kunyahlah makan anda. Selain mengunyah adalah bagian dari sunah Nabi, juga akan memudahkan kerja organ pencernaan.

Enam: tidurlah sesuai yang dilakukan oleh Rasululloh, yaitu mulai bakda isya dan harus tidur dalam keadaan gelap, dengan total durasi waktu 6-8 jam perhari.

Praktek mengunyah makanan selain sunah Nabi juga akan mempermudah kerja organ pencernaan

Okey Sobat, itu dia tips memperbaiki pencernaan dari dr Zaidul Akbar. Semoga dapat membantu kalian yang masih memiliki trouble dengan pencernaannya.

Dan jangan lupa pesan beliau yang sudah sering diulang-ulang; “Jadikan sehat sebagai modal untuk lebih taat, sehingga Allah makin sayang sama kita.” Aamiin.

Leave a Comment