Cara Menahan Lapar Paling Enjoy Ala Zaidul Akbar

Assalamualaikum Sobat Positif. Sudah kita pahami bahwa menahan lapar dampaknya luar biasa bagi kesehatan. Inilah cara menahan lapar paling enjoy ala dr Zaidul Akbar yang akan kita pelajari kali ini.

Siapakah Sang Pencipta rasa lapar itu? Apakah kita menganggap rasa lapar hanya akan sia-sia lagi menyiksa?

Pada artikel sebelumnya kita sudah kupas dahsyatnya manfaat dari menahan lapar. Kali ini kita akan membicarakan bagaimana cara menahan lapar yang pas agat tidak sia-sia.

Simak sampai tuntas ya Sob!

Sang Penggagas Jurus Sehat Rasululloh (JSR), dr Zaidul Akbar pernah menegaskan jika salah satu kunci kesehatan yang manusia miliki adalah kemampuannya menahan lapar.

Quotes beliau yang terkenal;

“Hunger is the first element of subdicipline, if you can control hunger, you can control everything else.”

Lapar adalah elemen pertama kedisiplinan diri.

Kata kuncinya, menurut beliau;

“Jika kita bisa mengendalikan lapar maka kita bisa mengendalikan yang lain. Misalnya kita bisa menahan amarah, lebih banyak bersabar, tidak mengeluh, dan sebagainya.”

Jadi nilai penting dari menahan lapar adalah kita jadi bisa mengontrol banyak hal.

Mampu menahan lapar berarti mampu mengendalikan banyak hal

So, kalo kita lapar, bersabarlah. Karna sepiring kesabaran lebih berarti daripada sepiring makanan. 

Semoga dengan kesabaran pada kondisi lapar, Allah akan perbaiki emosi dan akhlaq kita.

Sebab, salah satu yang menjadi kunci tubuh sehat wal afiat adalah jangan makan berlebihan.

Bagi kita yang manajemen laparnya masih kurang bagus, dr Zaidul Akbar telah membagi tips cara menahan lapar yang pas agar berkah. Simak ya!

Cara Menahan Lapar Paling Awal Adalah Bangun Mindset yang Pas

Banyak pendapat yang menyatakan lapar itu bukan semata urusan perut. Dr Zaidul Akbar juga mengamini pendapat ini.

Baca Juga:  Dr Zaidul Sukses Deklarasikan Tempe Sebagai Makanan Tersehat Sedunia

Perasaan lapar adalah lebih kepada persoalan mindset. Maka kita bisa mengendalikannya dengan mengubah apa yang sedang menjadi konsentrasi dipikiran kita.

“Jadi jika kita mampu menahan sebentar lapar kita, insyaAllah setengah sampai satu jam rasa lapar itu sudah hilang.” demikian kata dr Zaidul.

Lapar bukan urusan perut semata

Makanan Ringan Sebagai Alternatif Cara Menahan Lapar Sementara

Jika setelah mengalihkan konsentrasi namun rasa lapar masih menggoda, maka pilihannya adalah makan buah, atau kurma atau kacang-kacangan.

Cukuplah itu sebagai pengganjal lapar dan cukup membuat diri merasa enjoy. Dan hindari langsung mengkonsusmsi makanan berat seperti nasi.

Kacang menjadi alternatif cara menahan lapar yang enjoy

Beberapa Minum Untuk Menahan Lapar

Tips menahan lapar yang  ketiga adalah mengkonsumsi minuman yang bisa menekan hormon ghrelin atau hormon penggugah rasa lapar.

Antara lain adalah kopi. Kopi sangat baik dikonsumsi namun tanpa gula alias kopi pahit.

Meski pahit, dibuat enjoy aja ya Sob!

Jika anda menginginkan rasa manis, anda bisa membarenginya dengan sambil makan kurma. Karna pada prinsipnya kita membutuhkan rasa manisnya bukan gula pasirnya.

Sang Pakar Herbal ini juga mengingatkan bahwa kandungan gula adalah karbohidrat, sama dengan nasi. Semua akan diubah menjadi glikogen atau simpanan dalam tubuh.

Jika jumlahnya terlalu banyak maka tubuh tidak akan memanfaatkan seluruhnya, dan sisanya akan menjadi sampah tubuh berwujud lemak.

Minuman lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menahan lapar adalah teh hijau. Beliau merekomendasikan teh hijau karna memang sudah dikenal banyak mengandung manfaat.

Diantara manfaatnya adalah dapat mencegah obesitas, diabetes dan penyakit jantung. Dan sekali lagi idealnya diminum tanpa gula pasir pada kondisi hangat.

Teh hijau untuk menahan lapar

Sayuran Okra Juga Bisa Untuk Menahan Lapar

Salah satu sayuran sebagai alternatif cara menahan lapar yang ini mungkin masih asing ditelinga kita. Ya, namanya Okra.

Baca Juga:  Sarapan Sehat Sandwich Tempe Non GMO Ala dr Zaidul

Okra merupakan sayuran yang sangat lunak namun berlendir. Bentuknya memanjang dan runcing pada ujungnya.

Okra umumnya tumbuh di daerah Ethiopia dan Asia Selatan, namun saat ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Di dalamnya banyak terkandung vitamin, mineral, dan protein.

Salah satu manfaatnya adalah mencegah penyakit pada sistem pencernaan, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Okra bisa dikonsumsi dengan dibuat minuman.

Resepnya; cuci bersih okra, iris tipis-tipis, masukkan ke dalam gelas atau infused water lalu simpan di kulkas selama 3 jam, setelahnya okra siap dihidangkan. 

Gampang dan enjoy kan Sob?

Sayuran okra sebagai alternatif cara menahan lapar

Nah, jika dari beberapa tips di atas masih membuat anda kesulitan untuk melaksanakannya, maka saya sampaikan sekali lagi di sini, mengapa kita semua perlu menahan lapar?

Diwaktu lapar itulah tubuh kita mebuang toksin dan sampah-sampah yang ada dalam tubuh, yang mana semua itu berpotensi mengganggu kesehatan kita jika tidak dikeluarkan.

Itulah sebabnya lapar perlu dikontrol. InsyaAllah tanpa banyak makan kita sudah kelebihan energi.

Mau tahu buktinya?

Buktinya adalah dengan melihat kondisi pinggang kita masing-masing.

Berlemak bukan?

Jadi, mari perbaiki kesehatan tubuh kita dengan memperbaiki jenis makanannya, cara memasaknya, dan waktu makannya.

Kalian juga bisa mendengarkan kajian dr Zaidul Akbar langsung di sini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *