Cara Makan Soto Agar Lebih Sehat Adalah Plus Jeruk Nipis

Assalammualaikum Sobat Positif. Soto umumnya mengalami miskin enzim akibat bahan bakunya dipanaskan. Sebab itu dr Zaidul Akbar dakwahkan cara makan soto agar lebih sehat yaitu dengan plus jeruk nipis.

Sekarang terjawab, mengapa di setiap warung soto selalu disuguhkan potongan jeruk nipis? Sang Penggagas Jurus Sehat Rasululloh (JSR), dr Zaidul Akbar, menyatakan soto yang kuahnya plus perasan jeruk nipis insyaAlloh akan lebih sehat.

Tentunya hal itu telah disertai kajian ilmiah yang telah beliau lakukan.

Soto sebagai menu legend di tengah masyarakat Indonesia ternyata memiliki beberapa sebutan berbeda di berbagai daerah. Ada yang menyebutnya sroto, sauto, taoto atau coto.

Tapi pada dasarnya serupa, yaitu sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.

Soto juga sudah mahfum diberi sebutan sesuai isinya, seperti soto ayam, soto babat, soto kambing, atau ada pula soto sekengkel yang isisnya adalah daging kaki sapi.

Soto Ayam Rempah Jeruk Nipis

Hampir pasti semua jenis soto ditemani potongan jeruk nipis dalam penyajiannya. Mengapa harus jeruk nipis?

Termyata, selain menambah cita rasa, menurut dr Zaidul Akbar, dengan ditambah jeruk nipis, soto akan memiliki manfaat dari sisi kesehatan dan ketercukupan nutrisi.

Cara Makan Soto Sehat Agar Lebih Sehat Adalah plus Jeruk Nipis

https://www.youtube.com/watch?v=7ZGZjN_JGsY

Di tengah ceramahnya, dr Zaidul Akbar memperjelas bahwa fungsi jeruk nipis adalah untuk memperbaiki kualitas enzim yang beliau nilai sudah habis karena bahan-bahan soto dipanaskan terlalu lama.

Kenapa orang makan soto pakai jeruk nipis? Karena sotonya sudah habis enzimnya. Soto, kalau anda lihat itu kan dipanasin, dikasih santan segala macam, begitukan kurang lebihnya. terus kasih beginian (jeruk nipis) supaya dapat enzimnya.” Begitu saran beliau.

“Jadi kata kuncinya apa? di sini (jeruk nipis) ada enzim, kalau enzim anda itu baik maka dia akan menyeimbangkan kolesterol, itu sebabnya ketika anda minum jeruk nipis dikasih madu kayak begini kolesterolnya lama-lama turun, karena apa? enzimnya dibenerin,” ujarnya.

Manfaat Lain Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis lainnya juga perlu kita tahu. Selain membantu melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mengatasi asam urat, meningkatkan sitem imun sampai dengan mengurangi resiko terkena serangan jantung, jeruk nipis ternyata bagus juga untuk diet.

Jeruk nipis mengandung banyak manfaat

Jadi, bagi anda yang pengusaha soto, jangan ragu menyediakan stok jeruk nipis. Dan bagi kita para penikmat soto jangan sungkan pula untuk memeras airnya ke dalam mangkok.

Selamat makan soto sehat ya Sob!

Leave a Comment