6 Bahan Pengganti Nasi Putih yang Sehat, Mudah & Murah

Bahan Pengganti Nasi Putih – Assalammualaikum Sobat Milenial. Nasi putih dinilai miskin enzim dan harus segera ditemukan bahan pokok apa saja sebagai solusi penggantinya. Sebenarnya bahan pengganti nasi putih sudah banyak dibahas, apalagi anda yang memiliki riwayat diabetes pasti sangat memahi perhal ini.

Sayangnya diri kita sendiri merasa sulit menghindari nasi putih yang memang telah mengakar di tengah masyarakat Indonesia. Bahkan pemerintah sampai impor beras yang tak pernah masyarakat ketahui kualitas kandungannya. Sebab itu, 6 bahan pengganti nasi putih yang direkomendasikan dr Zaidul Akbar ini bisa menjadi alternatif solusi kesehatan kita semua.

 6 bahan pengganti nasi putih tersebut sangatlah murah dan mudah ditemukan, yaitu: talas, gandum, jagung, kentang, pisang dan singkong. Untuk lebih detail lagi penjelasannya bisa dibaca sampai habis ya Sob!

Bahan pokok pengganti nasi

Kualitas nasi putih zaman ini memang telah bergeser dari yang banyak dikonsumsi oleh leluhur kita. Mengapa? Sudah kita jelaskan pada artikel mengenai sebab-musabab nasi putih dikatakan tidak lagi sesehat jaman dulu.

Namun tidak ada salahnya jika kamu hendak mereview kembali di sini; “Mengapa nasi putih perlu dihindari?”

Alasan Perlunya Bahan Pengganti Nasi Putih 

Bahan penggnati nasi putih perlu kita ikhtiarkan, mengapa? Dr Zaidul Akbar menyarankan untuk beralih pada bahan makanan pokok pengganti nasi putih, tentu karena beras yang diolah menjadi nasi putih umumnya telah kehilangan kulit arinya saat proses penggilingan dan ditambah lagi pada proses pencucian.

Hilangnya kulit ari sama artinya dengan kehilangan sekitar 80% kandungan beras yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Adapun yang tersisa dalam sepiring nasi putih hanyalah  karbohidrat yang akan berubah sepenuhnya menjadi glukosa atau gula.

Sehingga wajar pula jika penderita diabetes juga diminta menghindari nasi putih dan disarankan beralih kepada bahan pokok lain sebagai pengganti.

Nasi putih telah kehilangan kulit ari tak lagi 100% sehat

Hal tersebut tidak terjadi pada masyarakat tradisional diwaktu yang lampau. Mengapa?

Karena proses ‘pecah kulit’ pada jamannya hanya menggunakan alat tradisional lesung, yang mana membuat kuliat ari dari beras tetap terjaga dengan baik. Okey! Sekarang mari kita cek, bahan makanan pokok apa saja yang direkomendasikan dr Zaidul sebagai pengganti nasi putih.

Enam Bahan Pengganti Nasi Putih

Enam bahan pokok pengganti nasi yang di rekomendasikan dr Zaidul Akbar insyaAllah mudah dijangkau. Karna sebagaian besar ada di Indonesia dan dijualbelikan secara umum di pasar.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini anda tak lagi kesulitan menemukannya. Ingat ya Sob, kesehatan itu harus dijaga dan diupayakan!

Kentang, Bahan Pengganti Nasi yang Paling Familiar

Kentang sebagai bahan penggati nasi putih sudah cukup familiar. Karena telah banyak industri fast food yang memanfaatkannya sebagai menu andalan. Memang banyak resep cemilan dari kentang, namun jika difungsikan sebagai pengganti nasi putih, maka yang direkomendasikan dr Zaidul adalah kentang rebus atau dikuskus.

Kentang rebus kaya akan nutrisi seperti vitamin B6, B1, B3 dan B5, vitamin C, kalsium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi. Kususnya di Indonesia kentang banyak dihasilkan oleh daerah Wonosobo dan Banjarnegara.

Kentang

Talas, Bahan Penggati Nasi Putih yang Tersembunyi

Talas sudah dikenal sebagai bahan pokok sumber karbodidrat murah pengganti nasi putih. Jenis nutrisi yang ada pada talas diantaranya kalori, karbohidrat, air, protein, gula, serat, lemak, vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B9, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, sodium, dan seng.

Sebagai pengganti nasi, menurut dr Zaidul sebaiknya talas dimasak dengan cara dikukus atau direbus, juga bisa dipanggang. Kususnya di Indonesia, Banyak sekali daerah pengahasil talas, antara lain Bogor, Malang, Makasar, Sumatera, Bengkulu, Kalimantan, Aceh, dan daerah lainnya.

Talas

Bahan Pengganti Nasi Putih Berikutnya Adalah Gandum

Gandum disebut banyak memiliki kandungan selenium dan mineral yang jarang ditemui pada bahan makanan pokok lainnya. Dr Zaidul termasuk merekomendasikannya sebagai pengganti nasi putih. Manfaat lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol.

Hanya saja, untuk sampai terhidang di meja makan dalam bentuk roti perlu waktu yang lebih dibandingkan bahan makanan pokok lainnya. Indonesia bukan termasuk Negara penghasil gandum, namun seiring meningkatnya kebutuhan dalam negeri, maka gandum mulai dibudidayakan di daerah Pasuruan pada 2006.

Gandum

Bahan Pengganti Nasi Putih yang Keempat; Jagung

Bagi masyarakat Indonesia yang sejak lahir memang tidak terbiasa mengkonsumsi nasi putih, tentunya jagung telah menjadi salah satu bahan makanan pokok penggantinya. Sudah banyak jenis jagung yang dikembangkan, termasuk juga variasi produk makanan dari jagung.

Namun dr Zaidul Akbar lebih menyarankan agar diolah dengan cara direbus atau dikukus, dan insyaAllah akan cocok disantap untuk beberapa jenis lauk. Di dalam jagung sendiri banyak terkandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A,B dan C.

Selama ini lumbung jagung dikuasai oleh daerah Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Lampung, NTB,  dan Jawa Tengah.

Jagung

Pisang, Bahan Pengganti Nasi Asal Kebon Kita

Dr Zaidul merekomendasikan buah ini sebagai salah satu bahan pokok alternatif pengganti nasi putih. Sebaiknya dikonsumsi langsung, atau biasanya di jus, dibuat tooping pancake, atau dijadikan salad buah.

Pisang banyak mengandung karbohidrat, vitamin C, potassium, serat, vitamin B6 dan mangan. Pusat produksi pisang di Indonesia berada daerah di Jawa Barat, kususnya daerah Cianjur, Sukabumi dan daerah sekitar Cirebon. Namun umumnya pisang juga ditanam hamper disetiap pekarangan warga.

www.kontenpositif.id_pisang bahan pengganti nasiputih
Pisang

Keenam: Singkong

Singkong menjadi salah satu yang direkomendasikan dr Zaidul untuk menggatikan nasi putih sebagai bahan makanan pokok alternatif. Sebenarnya sejak dahulu masyarakat Indonesia sudah menjadikan umbi ini sebagai makanan pokok, beberapa menu juga asik dimakan bersamanya.

Singkong rebus banyak mengandung kalori, karbohidrat, serat, vitamin serta mineral. Daerah penghasil singkong antara lain Sumatera Selatan, Lampung, Madura, Jawa Tengan dan Yogyakarta.

www.kontenpositif.id_Talas bahan pengganti nasi putih

Okey Sobat Milenial, jika kalian telah yakin untuk menghindari nasi putih dengan niat agar lebih sehat, tentunya beberapa alternatif bahan makanan pokok yang direkomendasikan dr Zaidul di atas bisa dijadikan pilihan. Selamat mencoba dan silahkan kunjungi artikel kami yang lain di www.kontenpositif.id !

Leave a Comment