Cara yang Simpel Agar Baterai HP Kamu Awet

Hallo Sobat! Bagi kalian yang baterai HP-nya sering bermasalah, sebenarnya banyak cara yang simpel agar baterai HP kamu bisa awet bertahun-tahun.

Selain bernafas, makan dan minum, mengisi baterai HP juga sudah seperti kebutuhan pokok manusia era digital ini bukan?

Intinya manusia juga merasa lapar dan haus saat baterai teman digital kecilnya itu mengalami lowbat.

Bahkan kadang sampai mengambil langkah seporadis, asal baterai cepat penuh namun secara ugal-ugalan dalam men-charge, yang berujung HP-nya malah jadi rusak.

Tapi tenang saja, karna di sini tim positif akan membagikan cara men-charge daya HP mu yang pas, cepat lagi benar-benar aman, serta baterai bisa menyala lebih awet

Hindari Cara Mitos dalam Men-Charge HP

Sebelumnya kalian mungkin pernah mendapati beberapa cara yang keliru, terkesan ganjil, kurang berasalan alias mitos dalam mengisi daya baterai HP.

Misalnya mengisi baterai gadget hanya dalam sepuluh detik dengan menggunakan segala macam alat barang; mulai dari kertas aluminium sampai buah lemon.

Maka hal itu sudah sepantasnya kita hindari, dan mulailah beralih pada cara-cara yang normal.

Tentunya para produsen gadget juga tidak akan pernah merekomndasikan satupun ide yang aneh itu. Maka kita pun jangan sampai tertipu oleh sensasi yang banyak dibagikan di internet.

Salah kaprah lainnya adalah kamu harus menutup semua aplikasi dalam latar belakang untuk menghemat daya. Ternyata perihal ini tidak perlu.

Karna ponsel modern sudah dirancang sedemikian rupa sehingga aplikasi di latar belakang tidak memakan daya sama sekali.

Selain itu, jika kalian meyalakan kembali aplikasi yang sudah tertutup, daya yang terpakai justru lebh besar dibanding menyalakan aplikasi dari latar belakang.

Baca Juga:  Jelaskan Perkembangan Komputer Sebelum Tahun 1940 dan Sesudahnya

Sampai di sini paham ya Sob?

Beberapa Cara Simpel Agar Baterai HP Kamu Tetap Awet

Okey Sob, ini lah beberapa cara men-charge HP agar baterai kamu tahan lama yang sudah berhasil dihimpun oleh tim positif. Simak ya!

Matikan HP

Cara tercepat dalam nge-charge adalah dengan mematikan HP. Karena baterai tidak akan memakan energi sama sekali jika di off-kan, sehingga baterai HP kalian bisa terisi lebih cepat.

Hidupkan mode pesawat

Baterai HP kalian juga terisi lebih cepat dalam mode pesawat. Karena mode itu memutus semua saluran komunikasi. Dengan begitu bateraimu tidak turun naik untuk menerima sinyal saat di-charge.

Gunakan wifi jika ingin tetap sambil on

Namun, jika kalian sedang tidak bisa lepas dari internet, silahkan tetap sambil nge-charge, tapi gunakanlah wifi. Karena hal ini akan lebih hemat energi dari pada kalian menggunakan paketan.

Nyalakan mode senyap

Tips berikutnya adalah nyalakan mode senyap agar daya nyala ponsel kalian lebih lama dan matikan getaran, karena mode getar ternyata sangat boros energi.

Colok langsung pada stop kontak

Cara berikutnya adalah gadget kalian dihubungkan langsung ke stop kontak. Karena daya listrik akan lebih cepat memenuhi kebutuhan dari pada menggunakan USB komputer maupun mobil.

Agar baterai HP kalian awet colok langsung ke stop kontak

Gunakan charger ori

Jangan lupa gunakanlah chager asli dari produsennya. Karna charger bawaan sudah pasti cocok dengan gadgetmu.

Hati-hati dengan perangkat charge yang lebih murah, apalagi tidak jelas pabrik pembuatnya, karna justru bisa merusak baterai, bahkan bisa terbakar.

Cara Agar Baterai HP Awet Sampai 79%

Rata-rata ponsel akan terisi penuh 1, 5 sampai 3 jam. Tapi ada cara untuk nge-charge sampai 79 % dalam waktu sekitar 15 sampai 30 menit. Yaitu dengan fitur pengisian cepat atau quick charge.

Contoh aplikasi fast charging

Baterai semua gadget didesain untuk menerima kekuatan arus tertentu dan mengurangi aliran energi berlebih.

Baca Juga:  Acer Aspire VX 15 Laris Diserbu Gamer

Tetapi berbeda dengan pengisian cepat, ponselmu akan cepat terisi hingga 79%. Setelahnya fungsi ini akan berhenti dan arus listrik kembali ke mode terbatas. Hal itu sengaja dirancang agar baterai kalain tidak rusak.

Jika kalian punya ipad, maka gunakanlah adaptor, jika ingin iphone mu itu lebih cepat terisi, atau kamu bisa membeli adaptor kusus pengisian cepat untuk ponsel apple.

Ternyaa gadget kalian akan sangat panas dan pengap jika dimasukkan ke casing. Jadi upayakan untuk melepas casing saat akan nge-charge.

Suhu baterai yang meningkat selama pengisisan akan lebih baik jika panas ini bisa keluar melewati ponsel dan tidak tertahan di casing.

Charger Tanpa Kabel Apakah Efektif?

Alat charge tanpa kabel hampir tidak seefektif yang konvensional dalam hal kecepatan mengisi. Keunggulannya memang ia lebih simpel karna tanpa kabel sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Alat Charge HP tanpa kabel menggunakan teknologi wireless

Tapi jika kalian perlu mengisi ponsel dengan cepat, maka hindarilah mengisi dengan alat charge tanpa kabel tersebut.

Cara Agar Baterai HP Jadulmu Awet

Jika kalian memiliki ponsel yang tergolong jadul, cabutlah colokannya saat baterai sudah terisi penuh. Karna jika diteruskan dalam kondisi sudah tersi penuh akan membuat baterai ponsel jadulmu tertekan.

Agar baterai HP Jadul kalian awet hindari pengisian secara berlebihan

Tapi jika gadget mu sudah lebih baru kamu tak perlu khawatir. Model terbaru memiliki fitur bawaaan yang bisa memblokir arus pen-charge segera setelah pengisian baterai mencapai 100%.

Isilah Daya Sedikit Demi Sedikit

Isilah daya ponselmu sesering mungkin, tapi sedikit-demi sedikit.

Jika baterai di-charge hingga 100%, dan gadget mu dipakai sampai dayanya nol , baterai hanya akan tahan hanya sekitar 500 sampai 700 siklus pengisisan ulang.

Namun. jika kalian memakainya sampai 50% dan mencolokkannya untuk waktu yang singkat, lalu biarkan turun sedikit lagi dan seterusnya, baterai mu akan tahan sampai sekitar seribu siklus.

Baterai kalian bisa bertahan sekitar tiga tahun jika men-charge seperti ini setiap hari. Batas idealnya adalah selalu menjaga ponsel di antara 40% dan 80%.

Baca Juga:  Cara Merawat Baterai Laptop Bagi Traveller
Agar baterai HP kalian awet upayakan terisi pada kisaran 40%-80%

Namun kalian harus melatih kapasitas baterai sebulan sekali, caranya adalah dengan membiarkannya habis sampai 0% lalu mengisinya penuh sampai 100%.

Latihan ini akan membantu mengalibrasi mekanisme yang bertanggung jawab untuk memberbaiki tampilan level daya yang tepat.

Tapi sekali lagi, jangan dilakukan sering-sering, karena bisa mempersingkat umur bateraimu.

Kalian bisa memantau terus status baterai gadget mu dengan mengunduh aplikasi untuk android dan iphone, yang akan menujukkan seberapa usang dan seperti apa kinerja maksimalnya.

Aplikasi ini akan memberitahukan kapan saatnya mengganti baterai. Gantilah baterai gadgetmu setidaknya 3-4 tahun sekali.

Biaya ganti baterai gadget kalian mungkin mahal, tapi itu adalah harga yang sepadan dengan efektifitas dan manfaatnya bukan?

Baterai HP Tetap Aman Saat On Sambil Nge-charge

Ada mitos yang menyarankan untuk tidak memakai ponsel saat sedang di-charge. Jika memang terjadi kendala pada hal demikian, kemungkinan terbesarnya karena alat nge-charge yang telah rusak atau tidak asli.

Charger yang diakui oleh pabrik dirancang agar bisa bekerja dengan baik-baik saja saat proses nge-charge. Jadi kalian tidak perlu khawatir.

Tapi tetap jangan membebani ponsel kalian dengan memainkan game berat. Untuk sekadar melihat-lihat media sosial lewat surel dan menonton video masih boleh dilakukan saat nge-charge.

Jika gadget kalian sudah dilengkapi layar tipe amoled dan oled, maka bisa berhemat daya baterai secara signifikan. Yaitu cukup denagn atur gambar yang sangat hitam sebagai wallpapernya.

Agar baterai HP kalian awet gunakanlah wallpaper warna gelap pada layar OLED

OLED adalah singakatan dari Organic Led Emited Diode, kedengarannya rumit, tapi pada dasarnya layar mu memancarkan cahaya saat arus melewatinya.

Sementara warna hitam tidak membiarkan cahaya menembusnya kecuali untuk icon-icon aplikasi di HP kalian. Sehingga layar takkan terlalu terang dan bisa menghemat baterai, karna warna yang terang itu cukup menyita baterai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *