Jelaskan Perkembangan Komputer Sebelum Tahun 1940 dan Sesudahnya

Perkembangan Komputer Sebelum 1940 dan sesudahnya– Hallo Sobat! Sekarang dunia tengah menikmati kehidupan era digital 4.0. Sebelum sampai pada titik kehidupan ini tentu ada rentetan sejarah perkembangan komputer yang tak boleh dilupakan oleh generasi now.

Jika ada pertanyaan; Perkembangan Komputer Sebelum Tahun 1940 dan Sesudahnya! Maka Generasi now wajib tahu, bahwa sebelum gadgetnya lekat digenggaman masing-masing, dulunya adalah berwujud mesin hitung dengan ukuran yang raksasa.

Menyimak sejarah adalah hal yang penting, karna di sana ada pelajaran, peringatan, serta ide yang memicu gagasan bagi kehidupan masa depan yang lebih baik. Begitu juga dengan membaca sejarah perkembangan komputer dalam artikel ini. Kalian sebentar lagi bisa jelaskan perkembangan komputer sebelum tahun 1940 dan sesudahnya secara lengkap. Tentunya jika kalian mau membaca halaman ini sampai tuntas

Jadi, penting sekali bagi kalian untuk mengetahui  sejarah perkembangan komputer dari awal kelahirannya, yang sampai kini sistem operasinya bisa kalian perintah hanya lewat seujung jari.

Perkembangan Komputer Sebelum 1940 M

Perkembangan komputer sebelum 1940 bisa kita lacak dari awal mula kata komputer itu mulai disebut dan diucapkan orang-orang pada masanya. Kata komputer pada mulanya disematkan untuk seseorang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika. Baik menghitung dengan alat bantu ataupun tidak, tapi prinsipnya masih dilakukan secara manual.

Baru kemudian setelah ditemukan alat hitung, kata komputer disematkan pada alat atau mesin hitung tersebut. Seperti disebutkan dalam kamus Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata computer dalam bahasa inggris dipakai sekitar tahun 1646 untuk menggambarkan orang yang menghitung.

Bergeser kemudian, menjelang 1897 kata computer digunakan sebagai sebutan untuk alat hitung mekanis.

Selama Perang Dunia II (1939-1945), kata computer juga banyak dipakai untuk menyebut pekerja wanita dari Amerika Serikat dan Inggris yang tugasnya menghitung jalan artileri perang dengan dibekali mesin hitung.

Baca Juga:  Cara Merawat Baterai Laptop Bagi Traveller

Jadi bisa disimpulkan, pada mulanya kata komputer hanya terbatas untuk menggambarkan orang ataupun alat yang berhubungan dengan aritmetika.

Barulah setelah berkembang ke arah modern, computer tidak lagi merepresentasikan alat hitung saja, tapi telah dipakai untuk banyak hal yang adakala tidak berhubungan dengan tugas matematis sama sekali.

Secara umum dewasa ini istilah komputer bisa diartikan sebagai perangkat yang mengolah informasi atau sistem pengolah informasi.

Charles Babbage dan Sejarah Perkembangan Komputer Sebelum 1940

Charles Babbage Penggagas Komputer Modern

Charles Babbage adalah seorang matematikawan Inggris yang peratma kali mencetuskan gagasan sebuah komputer yang bisa diprogramkan.

Gagasan beliau dilatarbelakangi oleh seringnya seseorang melakukan kesalahan perhitungan jika hanya dengan menggandalkan bantuan tabel matematika.

Sehingga beliau ingin mengembangkan perhitungan secara mekanik melalui sebuah mesin hitung. Hal ini juga diinspirasi oleh mesin hitung yang dikembangkan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.

Desain dari gagasan awal tersebut beliau tuliskan dalam bentuk surat tertanggal 14 Juni 1822 yang ditujukan kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan, yang diberinya judul;

“Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables” (catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis).

Gagasan tersebut mengahasilkan desain salah satu mesin hitung pertama yang disebutnya mesin analitikal atau mesin analitis, yang mana telah mampu melakukan perhitungan selayaknya kalkulator modern saat ini.

Hanya saja belum secepat kalkulator yang dikenal sekarang dalam menghitung, karna memang belum dirancang sebagaimana yang bertenaga listrik.

Sayangnya Babbage meninggal 18 Oktober 1871 (79 tahun) sebelum sempat merampungkan konstruksi mesin analitisnya, karna memang memerlukan waktu dan biaya yang besar.

Sepeninggal beliau, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang. Namun kita masih bisa menyaksikan sebagian dari mesin yang dikembangkannya di Musium Sains London.

Sejarah Perkembangan Komputer Sebagai Mesin Hitung

Sudah kita singgung di awal, bahwasanya komputer pada awalnya adalah sebuah alat hitung. Maka awal perkembangan didesain sebagai kalkulator.

Baca Juga:  Cara yang Simpel Agar Baterai HP Kamu Awet

Tim positif telah merangkum perkembangan kalkulator yang kini telah bisa anda manfaatkan untuk membaca artikel ini.

Abacus

Abacus atau orang Cina menyebutnya cipoa, merupakan alat untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang didesain menyerupai sebuah rak.

Sebenarnya abacus muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil (Mesir) sebagai alat para pedagang untuk menghitung transaksi yang dilakukan. Sehingga bisa dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.

Abacus

Pada perjalanannya, setelah kemunculan pensil dan kertas di Eropa abacus kehilangan popularitasnya

Kalkulator roda numerik I

Blaise Pascal yang kala itu masih berusia 18 tahun, pada 1642 berhasil membuat alat hitung untuk membantu ayahnya dalam menghitung pajak.

Ia berhasil membuat alat hitung yang disebutnya kalkulator roda numerik
(numerical wheel calculator). Bentuknya persegi kuningan yang dinamakan Pascaline.

Kalkulator ini dilengkapi dengan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit bilangan berbasis sepuluh.

Namun kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

Kalkulator numerik roda I

Kalkulator roda numerik II

Pascaline yang dibuat oleh Pascal kemudian mulai dikembangkan lagi pada tahun 1694 oleh seorang matematikawan dan filsuf Jerman bernama Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716).

Leibniz mempelajari catatan-catatan dan gambar yang disusun oleh Pascal sebagai dasar untuk memperbaiki Pascaline.

kontenpositif.id_sejarah perkembangan komputer sebelum 1940
Sejarah perkembangan komputer Kalkulator roda numerik II

Secara teknis masih sama, yakni menggunakan roda-roda bergerigi yang bekerja mekanis, namun setelah disempurnakan, pascaline menjadi mesin hitung yang dapat mengalikan.

Kalkulator Mekanik

Pada perkembangan berikutnya Charles Xavier Thomas de Colmar berhasil mengembangkan mesin hitung yang dapat melakukan 4 operasi aritmatika dasar sekaligus, yakni operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Kalkulator mekanik butan Colmar yang dinamakan arithometer dapat mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam hal kalkulasi. Karna kepraktisannya, ia banyak dipakai sampai masa Perang Dunia I.

Jasa Colmar lainnya adalah bersama Pascal dan Leibniz ikut membangun era komputasi mekanikal yang lebih modern.

Sejarah perkembangan komputer berwujud kalkulator mekanik

Sejarah Perkembangan Komputer Pasca Perang Dunia I

Sejarah perkembangan komputer stelah 1940 bisa kita lacak dari pasca berakhirnya Perang Dunia I. Kketika dunia memasuki Perang Dunia Kedua, perkembangan komputer juga ikut berkembang. Dari yang fungsi awalnya berhitung, pada masa ini dikembangkan untuk kepentingan perang.

Baca Juga:  Acer Aspire VX 15 Laris Diserbu Gamer

Beberapa negara yang terlibat dalam perang mencoba berlomba untuk mengembangkan kompter sebagai instrumen strategis yang dapat mendukung kebutuhan perang. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatkan pendanaan dalam rangka pengembangannya.

Hasilnya, pada tahun 1941 seorang insinyur berkebangsaan Jerman bernama Konrad Zuse berhasil mengembangkan Komputer Z3 untuk mendukung proses desain pesawat terbang dan peluru kendali.

Kemudian pihak sekutu, sebagai kekuatan yang berlawanan pada perang dunia ke-2 juga berhasil menemukan kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Sekitar tahun 1943 Inggris sudah berhasil mengembangkan komputer untuk keperluan memecahkan kode rahasia lawan yang diberi nama Colossus.

Namun pada perkembangan selanjutnya Colossus kurang berkemajuan, hal ini karena dua alasan. Pertama karena dipandang kurang serbaguna fungsinya, karena di desai hanya untuk memecahkan kode-kode rahasia. Kedua karena keberadaannya sangat dirahasiakan sampai perang berkahir.

Amerika serikat kemudian berupaya mengambil jalan lain untuk kemajuan komputer yang multi fungsi. Melalui seorang insinyur bernama Howard H. Aiken (1900-1973) yang sedang bertugas di IBM berhasil mengembangkan kalkulator elektronik untuk kepentingan US Navy.

Bentuk kalkulator tersebut sangat panjang jika dibandingkan dengan ukuran sekarang. Panjangnya setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I,merupakan komputer relai elektronik.

Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan Aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Okey, sementara sampai sini dulu! Tentunya artikel ini masih bersambung di halaman www.kontenpositif.id berikutnya. Semoga bahasan kita mengenai sejarah perkembangan komputer sebelum 1940 dan sesudahnya ini (meskipun belum kita kupas tuntas) bisa menambah referensi pengetahuan kalian. Salam!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *