Cara Merawat Baterai Laptop Bagi Traveller

Hallo Sobat! Bagi anda yang sering tugas dinas di luar kantor atau kalian para traveler, cara merawat baterai laptop ini sangat penting diterapkan, agar presentasi dan apa yang sedang dikerjakan dengan bantuan laptop tiada terkendala lowbat.

Cara Merawat Baterai Laptop di Luar Rumah

Inilah beberapa tips yang sudah berhasil dihimpun oleh tim positif agar baterai laptop anda selalu dalam kondisi prima dan siap diajak bekerja sama.

Cek, yuk!

Saat akan presentasi di luar ruangan, yang mana kamu telah tahu di tempat itu tanpa support aliran listrik, maka agar baterai cukup daya sewaktu presentasi charge terlebih dahulu hingga penuh.

Namun sebaliknya, jika kalian meninggalkan laptop di rumah dan tidak menggunakannya dalam waktu yang relatif lama, perhatikanlah beberapa tips ini;

Lepas Baterai Saat Tak Dipakai

Jika diantara kalian dinas luar kota ataupun berwisata untuk beberapa hari dan meninggalkan laptop sendirian di rumah, sebaiknya baterai laptop dilepas. Karena baterai akan lebih aman dan awet.

Colokkan kembali sepulang kalian ke rumah jika laptop hendak digunakan. Tapi ingat, terus-menerus memasang baterai laptop tanpa dipakai itu juga tidak baik.

Lepas baterai saat tak dipakai

Hindari Sinar Matahari Langsung

Mungkin suatu waktu kamu akan membawa laptop ke pantai ataupun ke tanah lapang yang mana terik matahari bisa kalian rasakan, untuk menulis ataupun transfer video misalnya.

Maka hindarkan dari sinar matahari langsung, baik dalam kondisi off apalagi sedang menyala. Karna baterai akan cepat habis pada suhu ini.

Hal itu berlaku juga apada suhu dingin. Suhu kamar adalah yang terbaik.

Baca Juga:  Acer Aspire VX 15 Laris Diserbu Gamer

Laptop Jangan Terlalu Dingin

Jika kamu habis bepergian dimusim dingin ataupun penghujan, sesampainya di rumah keluarkanlah laptop dari tasnya. Kemudian biarkan menghangat pada suhu kamar sebelum kembali dinyalakan.

Pada intinya laptop jangan dibiasakan pada kondisi terlalu dingin dan begitu juga sebaliknya jangan terlalu panas.

Gunakan laptop di tempat rata

Gunakanlah laptop selalu di permukaan yang rata, agar panas dari laptop harus mengalir keluar secara merata dan bebas.

Hal yang sering terjadi saat di luar ruangan adalah kita menggunakan laptop di atas pangkuan. Benar bukan?

Hindari menggunakan laptop dengan cara dipangku

Mulai sekarang hindarilah. Begitu juga dengan menaruhnya di bantal. karna permukaan yang tidak rata akan memicu baterai panas lebih cepat.

Cara Mengistirahatkan Baterai Laptop

Baterai itu ibarat otot manusia, ia butuh istirahat. Aggaplah setelah setahun penuh pemakaian tanpa istirahat, maka bisa dipastikan kemampuan baterai untuk bertahan lama sudah berkurang drastis.

Itu adalah pertanda perlu diistirahatkan. Artinya untuk beberapa hari kalian harus beralih dengan menggunakan laptop ataupun PC yang lain untuk bekerja.

Hindari conect internet tapi tak dipakai

Jangan biarkan laptop terhubung ke internet saat dayanya 100 % tapi tidak dipakai, tapi ijinkanlah laptop kalian beristirahat dari internet jika memang tak diperlukan.

Dan jangan selalu men-charge nya sampai 100%. Lakukan seperti ponsel, yaitu menjaga baterai diantara 40 dan 80% sangatlah ideal.

Baterai Laptop Tenaga Surya

Bagi kalian para traveler, jika sedang melancong dengan tetap harus membawa laptop, kalian bisa menggunakan baterai tenaga surya.

Pengisi baterai tenaga surya

Namun kecepatan pengisiannya akan sangat tergantung pada cuaca. Semakin cerah akan semakin cepat terisi.

Hanya saja kami ingatkan sekali lagi, jangan taruh laptop di bawah sinar matahari langsung, tetapi tutupilah atau atau letakkan di bawah pohon.

Baca Juga:  Jelaskan Perkembangan Komputer Sebelum Tahun 1940 dan Sesudahnya

Jika di tempat kalian traveling benar-benar panas, maka bawalah selalu cooling pad.

Dan sekarang, setelah membaca cara merawat laptop pada artikel ini, kalian sudah bisa membayangkan melakukan aktivitas bekerja di luar, di bawah pohon rindang denagn angin sepoi-poi, dengan ditemani segelas es jeruk.

Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *