Arti Dari Kata Jujur Menurut Ahli Apa Sih? Kok, Berani Jujur Hebat!

Arti Dari Kata Jujur Menurut Ahli – Hallo Sobat Kejujuran! Kejujuran adalah pangkal dari semua karakter baik. Maka wajar jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengkampanyekan “Berani jujur hebat!” sebagai slogan.

Arti dari kata jujur menurut para ahli sebenarnya apa sih? Jika kita hendak mencari arti kata jujur, maka banyak sudut pandang yang bisa kita gunakan. Tulisan ini akan menguraikan hal-hal yang umum dimaknai sebagai representasi dari kata jujur. Baca sampai tuntas, ya!

Berani Jujur Hebat!

Berani jujur hebat! Slogan ini banyak sekali kita temukan tertempel utamanya di tower-tower gedung pemerintahan. Kalimat; “Berani jujur hebat!” bisa diintepretasikan anjuran kepada masyarakat tentang anti korupsi.

arti dari kata jujur hebat
Slogan KPK: Berani Jujur Hebat!

Kalimat slogan itu pun kemudian viral di sosial media, dan banyak sekali yang menjadikannya sebagai hastag#. Seolah hal itu menyiratkan semakin langkanya keberanian hati dan rasa percaya diri seseorang dalam mengungkap informasi perilaku korupsi yang diketahuinya. Baik menyangkut perilaku korupsi dirinya sendiri, maupun orang yang bersama-sama melakukan persekongkolan jahat dalam bentuk tindakan korupsi.

Penggunaan slogan “Berani jujur hebat!” bisa juga kita maknai sebagai kalimat yang bersifat perintah langsung. Ya, slogan ini seperti kalimat perintah dari KPK kepada kita semua agar menjadi pribadi yang jujur.

Karena menjadi orang jujur itu susah, dan kian langka ditemui di republik ini. Karnanya  KPK mengapresiasi orang yang berani jujur itu hebat. Maka siapa pun yang bisa membaca slogan itu di media mana pun,  adalah sebagai orang yang diajak oleh KPK untuk menjadi agen perubahan yang peduli mengenai tindakan korupsi di Indonesia.

Membudayakan Perilaku Jujur dalam Kehidupan Sehari-hari

Membudayakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa di tawar lagi. Karena jika ketidakjujuran telah tertanam dalam diri seseorang menjadi lebih sulit untuk diperbaiki.

Bung Hatta berpesan;

“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap bisa dihilangkan dengan pengalaman. Tetapi jika kurang jujur, payah dan susah membetulkannya”  (Moh. Hatta)

Pesan Bung Hatta amat jelas. Jika kita mendapati pada anak atau murid-murid berkarakter tidak jujur, maka betapa repot para orang tua untuk memperbaiki nantinya. Sebab itu membudayakan sikap jujur dalam hidup keseharian harus menjadi perhatian yang serius.

Membudayakan Jujur dalam Perkataan

Membudayakan bersikap jujur dalam perkataan berarti membiasakan diri mengatakan yang sebenarnya tentang perkataan atau perbuatan orang lain. Serta tidak membicarakan sesuatu hal yang tidak benar tentang orang lain tersebut.

Bayangkan jika diri kita mengatakan sesuatu yang tidak benar tentang saudara sendiri, kita pasti akan menyakiti hatinya, bukan? Dan pastinya menyimpan kebencian di hati sesama saudara.

Membudayakan berkata jujur artinya menanamkan pada diri untuk mengakui kesalahan yang dilakukan dengan sengaja ataupun tidak. Maka jika diri kita adalah pribadi yang jujur, niscaya tidak takut menerima akibat dari perbuatan yang telah terjadi.

Jangan lupa bahwa anak kita adalah aset yang harus dipelihara sifat kejujurannya. Membudayakan anak untuk berkata jujur berarti membiasakannya untuk menceritakan kejadian yang dilihat dan dialaminya dengan sebenar-benarnya.

Terkadang anak tidak menceritakan hal yang sebenarnya karena takut dimarahi. Hal ini juga menjadi hal yang harus diperhatikan para orang tua. Anak hendaknya terus didorong untuk berani berkata jujur, meskipun ini akan mengakibatkan hal yang tidak disukainya

Anak-anak kita juga harus dipahamkan bahwa jujur artinya harus berkata benar yang dibarengi oleh tindakan yang benar, serta dilakukan pada tempat dan waktu yang tepat pula. Ingat, kadang  anak kita berucap secara sepontan;

“Kulit Bapak kok sangat hitam?” Atau ”Baju kamu jelek sekali hari ini”, “Rumah Bu dhe nggak bagus, temboknya rusak”.

Kalimat spontan yang terucap dari lisan anak kita memang bisa dikategorikan sebagai mengatakan hal-hal yang sebenarnya. Tetapi apakah tindakan itu benar? Sebab itu, anak-anak hendaknya mulai diajarkan untuk berkata hal yang sebenarnya dalam konteks yang benar pula.

arti dari kata jujur menurut bung hatta
Pesan Bung Hatta akan Pentingnya Kejujuran

Arti Dari Kata Jujur Menurut Ahli

Arti dari kata jujur yang dikemukakan para ahli kami rasa sangat perlu untuk diuraikan pada halaman ini. Kita yang sedikit banyak mengerti makna dari slogan “Berani jujur hebat!”, secara tidak langsung telah menjadi agen untuk mengkampanyekan kejujuran dan sekaligus sikap anti koruptif.

Oleh karenanya beberapa penjelasan mendasar mengenai arti dari kata jujur penting untuk kita review kembali, agar pegertian dari kata jujur kembali menghangat di benak kita semua. Namun sebelumnya, arti dari kata jujur yang dipahami oleh masyarakat secara umum ada baiknya juga telah Anda terima dengan baik.

Beberap arti dari kata jujur secara umum di antaranya;

  • Berbuat yang benar;
  • Tidak melanggar peraturan dan tidak berbuat curang
  • Tidak mengambil barang yang bukan miliknya.
  • Tidak melakukan perbuatan yang salah untuk mencapai suatu tujuan

Sekarang mari kita cek arti dari kata jujur menurut para ahli berikut;

Tabrani Rusyan (2006)

Arti dari kata jujur salah satunya disampaikan oleh Tabrani Rusyan. Menurut beliau jujur artinya dalam bahasa arab berasal dari kata shidiq. Shidiq artinya benar dan dapat dipercaya.

Dengan kata lain, jujur artinya mengucapkan perkataan atau melakukan perbuatan sesuai dengan kebenaran. Sehingga secara singkat jujur artinya benar, memberikan sesuatu yang benar atau sesuai dengan kenyataan.

KBBI

Sedangkan arti dari kata jujur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya lurus hati, tidak curang.

Zubaedi (2011)

Arti dari kata jujur (honesty) menurut Zubaedi adalah kemampuan menyampaikan kebenaran, mengakui kesalahan, dapat dipercaya dan bertindak secara hormat.

Fadillah (2012)

Sedangkan Fadhilan mengatakan arti dari kata jujur adalah perilaku yang patuh dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

Robert T. Kiyosaki

Lain lagi dengan Robert T. Kiyosaki. Arti dari kata jujur diibaratkan seperti aset oleh beliau. Aset merupakan apa yang dapat kita masukkan ke dalam kantong dan bisa dijual. Beliau menambahkan, bahwa jujur merupakan sikap yang diberikan kepada kita oleh orang lain dengan rasa percaya mereka untuk dapat menjaga dan mempertahankannya di dalam diri kita.

Magnis (2011)

Adapun arti dari kata jujur menurut Romo Magnis ialah sikap berani yang menunjukkan siapa dia, serta mengatakan apa yang dimaksudnya dengan benar. Kejujuran adalah keterkaitan hati pada kebenaran.

Masih menurut beliau, bahwasanya sikap jujur harus ditandai dengan melakukan perbuatan yang benar, mengucapkan perkataan dengan apa adanya, tanpa menambah-nambahkan atau mengurangi apa yang ingin disampaikan. Serta mengakui setiap perbuatan yang dilakukan baik positif maupun negatif.

Sawitri Supardi Sadarjoen

Menurut Sawitri Supardi Sadarjoen, jujur adalah energi yang positif yang menyatakan sesuatu dengan langsung, spontan, lugas, apa adanya akan menghemat waktu dan energi, terjadilah efisiensi.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan arti dari kata jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya dan apa adanya, tidak ditambahi ataupun tidak dikurangi. Sedangkan jika kita artikan kata jujur secara lebih sempit adalah sesuainya ucapan lisan dengan kenyataan. Atau sering kita istilahkan; satunya kata dengan tindakan.

Dan arti dari kata jujur dalam pengertian yang lebih umum adalah sesuainya lahir dan batin. Karena itulah, orang munafik disebutkan sebagai kebalikan orang yang jujur. Jadi karakter jujur itu akan diekspresikan oleh seseorang dengan kata-kata atau sikap yang mencerminkan keadaan yang sesungguhnya, tidak ditutupi atau bahkan tidak menipu.

Kejujuran Dalam Kacamata Hukum

Secara hukum tingkat kejujuran seseorang biasanya dinilai dari ketepatan pengakuan atau apa yang dibicarakan seseorang dengan kebenaran dan kenyataan yang terjadi. Kejujuran di dalam muka hukum menjadi sangant penting, karena dengan mengakui kejadian apa yang terjadi atau sedang dipikirkan, rasakan, dan lakukan sebagaimana adanya, seseorang dapat terhindar dari rasa bersalah yang timbul akibat kebohongan yang ia lakukan.

Saya kira cukup sampai di sini dulu pembahasan kita mengenai arti dari kata jujur. Anda kami persilahkan untuk mengakses artikel lain yang bersesuaian dengan tema-tema kejujuran di laman kontenpositif.id ini. Beberapa pembahasan kami yang juga perlu Anda review di antaranya pengertian jujur dan kejujuran, macam-macam kejujuran dan contoh penerapannya, serta pentingnya menanamkan kejujuran pada anak bisa Anda akses di link-link tersebut. Tentunya untuk mewujudkan slogan; “Berani jujur hebat!” masih butuh perjuangan kita secara bersama-sama. Salam!

Leave a Comment