Cara Mengerjakan Soal Deret Angka Dengan Cepat dan Mudah!


Cara Mengerjakan Soal Deret Angka Dengan Cepat – Hallo sobat hebat! Soal deret angka seringkali menjadi penghalang untuk lulus dari serangkaian tes psikotes yang Anda jalani. Entah itu untuk tujuan seleksi masuk ke sebuah instansi kerja, atau saat dulu pernah mengikuti tes seleksi masuk sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat ini kami sajikan untuk mendukung keberhasilan Anda yang akan kembali mengikuti tes psikotes ataupun yang belum pernah mengikutinya. Sehingga jika Anda kemarin pernah gagal dalam pelaksanaan tes psikotes, terlebih karena kesulitan menyelesaikan soal tes deret angka, maka setelah mempelajari materi dalam laman ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak bekal. Sehingga Anda semakin mahir menyelesaikan persoalan deret angka dengan cepat, tepat dan mudah!

Beberapa tes psikotes dalam prakteknya memiliki penamaan yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari instansi dan tujuan penyelenggaraannya. Seperti dalam pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tes psikotesnya dinamakan Tes Intelegensi Umum (TIU). Sedangkan dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dinamakan Tes Potensi Skolastik (TPS). Tetapi secara isi dari materi tes memiliki kesamaan.

Maka, sebelum kita membahas tips dan trik cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat, ada baiknya kita kulik sebentar mengenai psikotes itu sendiri. Semoga materi ini berdampak positif bagi sukses Anda, ya!

Mengenal Tes, Psikotes,  dan Tujuanya

Ternyata istilah tes, atau dalam bahasa Inggris tertulis test, berawal dari bahasa latin yaitu testum. Testum sama artinya dengan a cup dalam bahasa Inggris, yang dalam bahasa Indonesia kita artikan sebagai mangkuk atau cawan. Testum atau mangkuk tersebut digunakan untuk memeriksa logam, dalam hal ini  yang diperiksa adalah mutu dari logam tersebut.

Berawal dari kata testum itulah kemudian kata tes berkembang artinya menjadi alat untuk menguji, menentukan atau menilai mutu hasil belajar, kinerja, kapabilitas dan sifat seseorang. Maka ketika kita bicara tes psikologi atau yang dikenal secara awam sebagai psikotes, yang diuji atau diukur adalah kondisi psikologis seseorang.

Jadi psikotes merupakan tes untuk untuk mengukur aspek individu secara psikis. Instrumen tes dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi, yang mana kesemua instrumen tersebut berfungsi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional seseorang.

Tes deret angka
Tes deret angka sebagai salah satu instrumen tes psikotes

Jika ditinjau dari tujuannya, tidak lain adalah untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam-macam kemampuan secara mental seseorang, serta apa-apa yang mendukungnya. Termasuk di antara yang mendukung kemampuan mental seseorang adalah; prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis.

Secara sederhana, tes psikotes bisa kita simpulkan sebagai serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui gambaran seseorang mulai dari kemampuan kognitifnya, kondisi emosinya, kecenderungan-kecenderungan sikap dan hal-hal yang mempengaruhi kecenderungan tersebut. Adapun tes deret angka dan deret huruf menjadi salah satu instrumen yang digunakan dalam tes psikotes tersebut.

Barisan dan Deret Dalam Psikotes

Sebagaimana kita sebutkan di atas, bahwasanya materi deret menjadi bagian dari isi paket soal yang diujikan dalam psikotes. Kita ambil contoh dalam pelaksanaan tes psikotes calon Apatur Sipil Negara (ASN), atau yang biasa dinamakan Tes Intelegensi Umum (TIU).

Sesuai Permenpan-RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan pelaksanaan CPNS 2019, salah satu dari kompetensi dasar yang diukur bagi para calon ASN adalah kemampuan numerik. Sementara kemampuan menyelesaikan persoalan deret angka adalah bagian dari kemampuan numerik seseorang.

Materi tes psikotes calon ASN atau yang disebut TIU bisa Anda lihat dalam capture tabel berikut:

Cara mengerjakan soal deret angka materi TIU CPNS
Materi psikotes Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS memuat tes deret angka untuk menguji kemampuan numerik peserta CAT

Tes kemampuan numerik yang mana memuat tes deret dalam TIU CPNS ditujukan untuk menguji kemampuan peserta dalam menentukan pola angka dan huruf, dari satu suku ke suku berikutnya. Oleh karenanya tes deret yang digunakan menjadi dua bentuk, yaitu deret angka dan deret huruf.

Dari hasil tes deret angka dan deret huruf tersebut, dapat diprediksi kemampuan peserta tes dalam menganalisis pola bilangan dan atau pola huruf. Hasil ini merefleksikan kemampuannya menganalisis masalah sehari-hari yang mana butuh segera ditemukan pola penyelesaiannya.

Tipe-tipe Soal Deret Angka

Tipe-tipe soal deret Angka yang disajikan dalam tes psikotes ada beberapa macam. Berikut ini adalah tipe-tipe pertanyaan yang sering muncul di dalam soal.

1. Menentukan satu atau dua bilangan terakhir untuk melanjutkan pola deret angka yang disajikan soal. Seperti contoh soal berikut:

3, 11, 19, 27, X
Dari deret angka di atas, nilai X adalah ….
A. 33 B. 35 C. 37 D. 39 E. 41

2. Menentukan bilangan yang berada di tengah deret

33, X, 19, 12, 5
Nilai X yang tepat adalah ….
A. 31 B. 26 C. 29 D. 27 D. 24

3. Menentukan bilangan yang berada di awal deret

X, 106, 144, 171, 187
Nilai X yang tepat adalah ….
A. 45 B. 123 C. 44 D. 57 E. 55

4. Menentukan nilai bilangan dari deret tidak beraturan

7 4 49 16
5 6 25 X
Nilai X yang tepat adalah ….
A. 51 B. 56 C. 45 D. 55 E. 52

Cara Mengerjakan Soal Deret Angka Dengan Cepat dan Mudah

Cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat dan mudah ini perlu didukung kemampuan Anda dalam menganalisis pola urutan paling logis dan konsisten dari angka-angka dah huruf yang diberikan. Peserta tes psikotes selayaknya dapat mengimajinasikan berbagai kemungkinan pola yang tepat.

Terkadang seolah ada dua jawaban yang memungkinkan. Namun demikian, sesungguhnya hanya ada satu pilihan jawaban yang benar. Sehingga kemampuan Anda melakukan operasi hitung sederhana juga akan sangat dibutuhkan di sini.

Anda akan mendapatkan cara mengerjakan soal seret angka dengan cepat dan mudah setelah mengikuti beberapa tips dan trik yang kami berikan berikut ini.

1. Kreatif

Di sini kreativitas Anda akan sangat mempengaruhi cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat. Bagaimanapun kemampuan menemukan pola merupakan hasil ketrampilan dan daya kreatif Anda dalam mengutak-atik bilangan. Dan hal ini tentu saja dapat dilatih

2. Cermat dan Teliti

Cara mengerjakan soal deret Angka yang Anda lakukan bisa saja meleset jika tidak cermat dan teliti. Maka perhatikanlah tanda bilangan. Misalnya positif atau negatif, karena tanda bilangan ini sangat mempengaruhi dalam menemukan pola dan perhitungan, serta untuk menentukan bilangan yang ditanyakan dalam pokok soal.

3. Perbanyak latihan soal

Perbanyak latihan soal dan kenali berbagai macam variasi pola akan membantu Anda menjadi lebih terbiasa dengan soal tes deret ini. Jam terbang Anda akan mempersingkat waktu pengerjaan, karena waktu yang tersedia sangat terbatas.

 Trik Cara Mengerjakan Soal Deret Angka Dengan Cepat

Trik berikut ini akan sangat membantu Anda menemukan cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat dan relatif lebih mudah dalam menentukan jawaban.

1. Perhatikan deret angka secara keseluruhan

Perhatikanlah deret angka secara keseluruhan, kemudian amati perubahan dari satu bilangan ke bilangan berikutnya.

2. Pelajari pola barisan 

Beberapa pola barisan yang sering muncul dalam soal deret angka;

(a) Pola barisan fibonaci, yaitu setiap angka selanjutnya berasal dari penjumlahan dua bilangan sebelumnya

(b) Pola penjumlahan/pengurang tetap atau seringkali disebut pola barisan aritmetika

(c) Pola perkalian/pembagian tetap atau sering disebut pola barisan geometri

(d) Pola pangkat tetap

(e) Pola penjumlahan/pengurangan/ perkalian/pembagian/pangkat meningkat

(f) Pola penjumlahan/pengurangan/ perkalian/pembagian/pangkat dengan bilangan genap

(g) Pola penjumlahan/pengurangan/ perkalian/pembagian/pangkat dengan bilangan ganjil

(h) Pola operasi aljabar variasi

(i) Pola selang-seling tanda

(j) Pola penjumlahan bertingkat

(k) Pola loncat bilangan

Penjelasan mengenai pola deret dan contoh-contohnya telah kami bahas dalam materi sebelumnya. Kami persilakan Anda untuk merujuk ke halaman ini.

3. Jangan terpaku pada satu pola

Karena pada tes ini terdapat banyak sekali variasi pola barisan, jika Anda tidak dapat menemukan pola yang Anda harapkan, maka jangan terpaku pada satu pola saja. Cobalah kemungkinan pola lain!

Pola bilangan dapat berupa operasi hitung tertentu, seperti yang sudah disebutkan di atas, atau bahkan gabungan dari beberapa operasi hitung.

4. Pola harus konsisten

Temukan dua pola di awal bilangan, kemudian cek apakan pola tersebut masih konsisten pada bilangan-bilangan selanjutnya. Apabila Angka yang dicari/ditanyakan terletak di tengah-tengah, maka perhatikan pola di sebelah kiri (sebelum), dan kanannya (sesudah).  Hal ini penting agar Anda tidak terjebak karena melewatkan salah satu dari bagian tersebut.

5. Dahulukan mengerjakan soal yang Anda anggap mudah

Catat, kiranya tipe soal seperti apa yang paling Anda kuasai saat latihan. Dan jika Anda menjumpai soal psikotes yang serupa, maka jadikanlah prioritas untuk dikerjakan lebih awal.

Latihan Soal Psikotes Deret Angka dan Jawabannya

Latihan soal psikotes deret angka dan jawabannya berikut ini bisa dijadikan latihan, sekaligus uji coba tips dan trik yang sudah kami sampaikan di atas. Selamat mencoba!

Contoh soal 1
Tentukan lanjutan dari deret 2,  2, 4,  6, 10, …,  ….

A. 16, 26
B. 17, 27
C. 18, 28
D. 19, 29
E. 20, 30

Jawaban: A
Polanya adalah barisan fibonaci
2, 2, 4,6, 10, …, …
2, 2, (2+2)=4, (2+4)=6, (4+6) =10, (6+10)=16, (10+16)=26

Contoh soal 2
Tentukan deret selanjutnya dari: 0, 2, 4, 6, 8, 10, …..

A. 6
B. 8
C. 10
D. 12
E. 14

Jawaban: D
Polanya adalah penjumlahan tetap: +2
Jadi deret selanjutnya: 10+2=12

Contoh soal 3
97, 87, 78, 70, 63, ….

A. 59
B. 58
C. 57
D. 56
E. 55

Jawaban: C
Polanya adalah pengurangan meningkat:  -10, -9, -8, -7, -6
Jadi deret selanjutnya: 63 – 6 = 57

Contoh soal 4
2040, 2040, 1020, 340,  85,  ….

A. 68
B. 51
C. 42
D. 21
E. 17

Jawaban: E
Polanya adalah pembagian meningkat, yaitu :1, :2, :3, :4, :5
Jadi deret terakhir, 85:  5 = 17

Contoh soal 5
3, 7, 9, 14,  27,  28, …., ….

A. 81, 56
B. 56, 81
C. 54, 84
D. 84, 54
E. 42, 54

Jawaban: A
3, 7, 9, 14, 27, 28, 81, 56
Pola satu adalah mulai dari 3 kemudian loncat satu angka dikali 3, perhatikan angka biru. Pola dua adalah mulai dari 7 kemudian loncat satu angka dikali dua, perhatikan angka merah.

Contoh soal 6
2, 6, 11, 17, 24, 32, …., ….

A. 41 dan 51
B. 40 dan 50
C. 40 dan 51
D. 41 dan 50
E. 41 dan 52

Jawaban: A
Merupakan deret penjumlahan meningkat: +4, +5, +6, +7, +8, +9, maka deret selanjutnya adalah;
32 + 9 = 41
41 + 10 = 51

Contoh soal 7
21, 21, 30, 24, 40, 28, …., ….

A. 51 dan 32
B. 50 dan 33
C. 51 dan 33
D. 50 dan 32
E. 52 dan 33

Jawaban: C
21, 21, 30, 24, 40, 28, 51, 33
Tedapat dua pola:
Angka merah pola penjumlahan meningkat: +9, +10, +11
Angka biru: +3, +4, +5

Contoh soal 8
40, 44, 55, 29, 70, 14, …., ….

A. 75 dan -1
B. 80 dan -1
C. 90 dan -1
D. 85 dan -1
E. 90 dan 1

Jawaban: D
40, 44, 55, 29, 70, 14, 75, -1
Terdapat dua pola;
Angka biru bertambah tetap: +15
Angka merah berkurang tetap: -15

Contoh soal 9
23, 26, 19, 22, 15, 18, …., ….

A. 21 dan 14
B. 21 dan 24
C. 11 dan 18
D. 11 dan 4
E. 11 dan 14

Jawaban: E
23, 26, 19, 22, 15, 18, 11, 14
Merupakan pola bertambah +3 secara tetap, dan berkurang -7 secara tetap.
Angka merah ke biru; +3
Angka biru ke merah: -7

Contoh soal 10
9, 15, 8, 15, 7, 15, …., ….

A. 6 dan 16
B. 6 dan 15
C. 7 dan 15
D. 7 dan 16
E. 6 dan 14

Jawaban: B
Merupakan pola bertambah dan berkurang secara berurutan; (+6), (-7), (+7), (-8), (+8), (-9) dan seterusnya.

Demikian pembahasan kita mengenai cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat dan mudah. Semoga apa yang kami sampaikan di laman ini berdampak positif bagi keberhasilan Anda mengikuti tes psikotes. Untuk memperkaya pemahaman Anda kembali mengenai tes deret angka, kami sarankan Anda juga mengunjungi beberapa laman yang juga memuat materi yang bersesuaian. Di antaranya cara mengerjakan soal deret angka dengan tepat, contoh soal psikotes matematika deret angka dan jawabannya, dan tes deret angka psikotes. Silahkan Anda berlatih soal deret angka sebanyak mungkin melalui link-link tersebut. Tidak lupa kami mengucapkan selamat belajar, dan semoga kesuksesan selalu mengiringi langkah kehidupan Anda. Aamiin!

1 thought on “Cara Mengerjakan Soal Deret Angka Dengan Cepat dan Mudah!”

Leave a Comment