7 Contoh Pekerjaan Digital Marketing Paling Bisa Diandalkan

Dewasa ini sebuah usaha tidak akan berjalan maju jika melalaikan digital marketing di dalamnya. Era teknologi ini harus dimanfaatkan dengan baik agar usaha tidak stuck disitu saja. digital marketing merupakan cara untuk mempromosikan suatu produk dengan menggunakan teknologi. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan digital marketing yang patut digunakan:

Pemasaran Dengan Mesin Pencari Google

Contoh pemasaran digital ini merupakan sebuah upaya untuk menempatkan bisnis yang dimiliki oleh suatu perusahaan berada di posisi teratas dari mesin pencari Google. Hal tersebut tentu cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Terdapat dua kategori dalam melakukan hal tersebut yaitu organik dan non organik.

Contoh Pekerjaan Digital Marketing

Kategori yang telah disampaikan memiliki perbedaan yang sangat jauh, dimana vesi organik relatif lama dalam menjadikan artikel tersebut page one. Namun, keuntungan yang bisa didapatkan adalah harganya lebih murah dan bahkan bisa membuat artikel tersebut tanpa bantuan orang lain. kuncinya adalah membuat artikel SEO yang berkualitas.

Kategori yang non organik memiliki keunggulan yang sangat menguntungkan yaitu dapat mempercepat proses page one namun perlu membayarkan sejumlah uang. Bagi pebisnis yang ingin instan, silahkan pilih opsi ini. Hal yang paling penting adalah mempersiapkan uang yang diperlukan terlebih dahulu.

Social Media Marketing

Kehidupan masyarakat saat ini tidak lepas dari social media. Tak tanggung-tanggung, anak SD saat ini pun sudah memiliki social media. Berkembangnya teknologi tidak dapat dipungkiri bahwa manusia selalu mengecek social media setiap harinya. Terdapat banyak sekali aktivitas yang dilakukan melalui social media ini

Banyaknya pengguna social media menjadi angin segar untuk para pelaku bisnis. Kebanyakan dari mereka tidak sulit untuk mempromosikan produknya. Bahkan, semakin banyak saja yang kini menggunakan contoh digital marketing ini sebagai senjata utamanya. Alasannya cukup simpel yaitu jaringannya luas sehingga lebih banyak yang akan tertarik untuk membeli.

Pelaku bisnis dapat memanfaatkan semua sosial media mulai dari Twitter, Youtube, hingga Instagram. Informasi yang akan dikirimkan tentu lebih cepat tersebarluaskan dan poin yang paling penting adalah tidak dipungut biaya apapun. Pengguna bisnis juga dapat menyewa artis untuk mempromosikan barang dagangannya di social media agar pembelinya semakin banyak.

Promosi Media Cetak

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang belum tentu memiliki social media sehingga penggunaan promosi media cetak tetap masih diperlukan. Buatlah promosi media cetak yang meyakinkan dengan memanfaatkan teknologi terkini agar banyak orang yang merasa tertarik pada bisnis yang dijalankan oleh pelaku bisnis.

Sasarlah orang yang sudah berusia lanjut dan gagap dengan teknologi sehingga mereka dapat dipastikan tidak memiliki social media. Contoh digital marketing yang biasa digunakan adalah berupa kartu nama. Tentu saja komponen tersebut sangat dibutuhkan agar sang mitra dapat mengetahui dengan jelas nama, kontak, serta bisnis yang digeluti.

Berikanlah informasi yang lengkap dan menarik pada kartu nama yang diberikan. Pelaku bisnis dapat menambahkan keterangan seperti kontak nomor yang bisa dihubungi, akun social media, nama website, dan lain sebagainya. Pintar-pintarlah dalam menjalin relasi agar bisnis dapat mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Video Marketing

Banyak orang yang lebih tertarik jika sebuah promosi dikemas dalam bentuk video. Terlebih lagi jika video tersebut sudah memanfaatkan teknologi 3D yang keren. Video marketing dapat dijadikan sebagai contoh digital marketing yang modern dan terupdate. Segala informasi penting terkait dengan produk dapat disampaikan dengan bahasa yang ringan.

Informasi yang biasanya disampaikan adalah terkait dengan profil perusahaan, deskripsi bisnis, cara kerja produk, dan lainnya. Testimoni dari seorang pelanggan juga sangat dibutuhkan untuk semakin meyakinkan para pembeli. Cobalah tanya secara langsung kepada pembeli yang datang ke toko untuk diwawancarai mengenai kehebatan produk yang ditawarkan.

Keberhasilan video marketing tidak lepas dari adanya talent atau yang biasa disebut dengan brand ambassador. Apabila bisnisnya sudah berkembang dan uang yang didapatkan sudah banyak, maka jangan segan-segan untuk menyewa BA seorang artis. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah artis tersebut dapat mempengaruhi penggemarnya untuk membeli produk yang dipromosikan.

Pay Per Click Ads

Contoh digital marketing yang satu ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan media iklan untuk dipasang pada laman Google . Membuat iklan ini tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus mengisi kata kunci yang sesuai dengan produk terlebih dahulu. Apabila kata kuncinya salah, maka tidak bisa digunakan begitu saja.

Pelanggan yang sudah memasukkan kata kunci pada mesin pencari Google, maka secara otomatis iklan akan muncul dengan sendirinya di bagian atas halaman. Iklan pun semakin banyak yang melihat dan tidak dapat dielakkan lagi bahwa pelanggan akan terus bertambah. Yakin ingin melewatkan Pay Per Click Ads ini?

Iklan yang berada di atas halaman ini sudah terlalu sering terlihat sehingga tidak asing lagi bagi masyarakat. Tak perlu khawatir dan merasa terganggu karena iklan tersebut bisa jadi penting untuk disimak dan sesuai dengan kebutuhan yang sering dicari. Apabila merasa tertarik silahkan segera beli produknya sekarang juga.

Blogging

Dunia blog telah tersedia sejak dulu dan sekarang masih saja digunakan karena terbukti efektif untuk menawarkan sebuah produk. Fokus utama dari blog ini adalah pembuatan tulisan yang berupa konten online mengenai produk, artikel, dan juga berita. Isi dari tulisan tersebut dapat dinikmati oleh semua masyarakat yang mencari informasi melalui Google.

Melalui blog ini, pelaku bisnis dapat mempromosikan produk dengan cara membuat tulisan yang nantinya diarahkan untuk membeli produk tersebut. Semakin banyak tulisan yang dibuat dan semakin aktif akun blog tersebut, maka isi tulisan dapat terindeks di mesin pencari. Jangan lupa bagikan link blog tersebut agar semakin banyak yang membacanya.

Email Marketing

Electronic Mail merupakan salah satu contoh pekerjaan digital marketing yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja karena termasuk efektif untuk promosi produk. Informasi yang dikirimkan melalui Email biasanya dianggap lebih resmi dibandingkan dengan social media sehingga layak untuk digunakan. Digital marketing menggunakan Email ini dianggap efektif karena hampir semua orang memilikinya.

Perlu diketahui bahwa hampir semua pendaftaran aplikasi menggunakan email sehingga mustahil jika pengguna Android tidak memiliki alamat Email. Kirimkanlah promosi produk melalui Email ini karena tak sedikit orang yang merasa nyaman jika mendapatkan pesan melalui Email. Manfaatkanlah peluang tersebut untuk melebarkan sayap bisnis.

Hal yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis yaitu dengan mendata terlebih dahulu alamat email yang akan dikirim informasi terkait detail produk. Jangan lupa pula untuk menggunakan bahasa yang sopan ketika mempromosikan sebuah produk. Sertakan informasi terkait cara menggunakan produk, keunggulan, dan harga yang ditawarkan.

Ketujuh contoh pekerjaan digital marketing yang telah dipaparkan di atas dapat dijadikan sebagai salah satu referensi yang menarik untuk mempromosikan produk. Jangan sampai kalah dengan produk yang serupa lainnya karena bisnis harus tetap berjalan sampai kapanpun. Segera bangkit dan lakukan perubahan sekarang juga. Untuk kamu yang sedang mempelajari apa itu Marketing ada baiknya kamu simpan artikel ini ya