Pengertian Web Hosting dan Fungsi Utamanya Bagi Website

Jika seseorang ingin membuat website, maka yang diperlukan adalah hosting dan domain. Untuk mendapatkannya, seseorang bisa membelinya di penyedia jasa web hosting. Namun, sebenarnya apa pengertian web hosting itu sendiri. Mengapa keberadaannya diperlukan untuk membuat sebuah situs dan website.

Beberapa penyedia web hosting akan memberikan paket hosting dan domain dalam satu paket. Beberapa penyedia jasa lain, memisahkan harga antara hosting dan domain tersebut. Menghadapi hal ini para pemula pasti akan sedikit bingung. Karena itu  sebaiknya untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai web hosting dan fungsinya, sebelum mengelola website sendiri. Berikut ini adalah pengertian serta fungsi dari web hosting untuk pembuatan website:

Pengertian Dari Web Hosting

Pertama akan dibahas mengenai pengertian web hosting, secara umum hosting atau web hosting ini dapat disebut sebagai tempat penyimpanan. Karena, tujuannya adalah sebagai penyimpanan file-file yang diupload ke dalam website. File yang diupload ini bisa berupa file apa saja, mulai dari bentuk ringan seperti teks. Sampai gambar, video, script, bahkan bisa menampung juga file berbentuk aplikasi dan script.

Tentu saja, jenis dan besaran file yang bisa disimpan oleh web hosting ini, tergantung pada ruang yang disediakan. Ruang yang disediakan tergantung pada penyedia jasanya. Biasanya ruang memori tertentu akan memiliki harga tertentu yang dibagi-bagikan dalam sebuah paket pembayaran.

Pengertian web hosting yang lain bisa dikatakan web hosting dapat dikatakan adalah sebuah layanan. Layanan ini akan membuat situs yang dibuat dalam keadaan online. Jika situs dalam keadaan online maka website bisa tampil di internet. Hal ini memungkinkan pengguna internet lain untuk mengakses dan melihat website tersebut.

Web hostinglah yang menyediakan layanan tersebut dengan server fisik yang mereka miliki. Penyedia web hosting yang bagus bahkan dapat menyediakan layanan yang dapat menjangkau ratusan, bahkan jutaan penggunaan penggunaan internet di seluruh dunia.

Web hosting adalah sebuah tanah kosong yang akan dibangun sebuah bangunan atau rumah di atasnya. Jika si pemilik rumah menyediakan tanah yang luas, maka semakin besar kemungkinan rumah yang bisa dibangun. Sama seperti website, semakin banyak konten dan data yang ingin ditunjukan di dalam website. Maka kapasitas dari web hostingnya juga harus semakin besar.

Fungsi dari Web Hosting dan Pengaruhnya Untuk Website

Setelah membahas mengetahui pengertian web hosting. Berikutnya akan dibahas fungsi dari web hosting ini. Seperti yang dibahas sebelumnya, web hosting memiliki tujuan utama untuk penyimpanan. Namun, ternyata peran dari web hosting untuk website tidak hanya sampai di sana. Berikut ini adalah berbagai fungsi lain dari web hosting dan pengaruhnya pada website.

Dapat Membuat Website Memiliki Performa yang Tinggi

Web hosting yang digunakan oleh pemilik website bisa mempengaruhi performa dari website itu sendiri. Karena kecepatan, kemudahan, dan fasilitas dalam akses biasanya sudah disediakan oleh penyedia jasa web hosting yang digunakan. Semua itu juga bergantung pada data center yang digunakan oleh penyedia jasa web hosting.

Bisa dikatakan semakin berkualitas data center yang digunakan oleh penyedia jasa web hosting. Maka akan semakin tinggi berforma dari website dari berbagai aspek. Hal yang sebaliknya bisa terjadi, jika pemilik website menggunakan penyedia jasa website yang kurang berkualitas.

Karena itu, diharapkan agar pemilik website tidak sembarangan dalam memilih penyedia jasa. Karena, web hosting akan mempengaruhi secara langsung performa website.

Melindungi Website dari Serangan Siber

Seperti yang disebutkan dalam pengertian web hosting, sebagai tempat penyimpanan. Tentu saja, tempat penyimpanan harus dijaga agar apa yang disimpan di dalamnya tetap aman dan tidak mudah dibobol. Hosting atau web hosting juga merupakan bagian dari perlindungan tersebut terhadap data yang ada di website.

Malah, bisa dikatakan bahwa web hosting adalah perisai utama data-data pemilik website dari serangan siber. Hal ini juga yang membuat para pemilik website ada baiknya untuk berhati-hati memilih jasa penyedia web hosting. Pastikan bahwa hosting memiliki tingkat keamanan yang tinggi agar data tidak mudah dibobol serangan siber.

Email akan Terdengar Lebih Profesional

Pengertian web hosting ini juga dilengkapi dengan email dari hosting itu sendiri. Jadi, setiap seseorang membuat website dan menggunakan jasa web hosting. Maka ia akan mendapatkan email akses khusus pada websitenya. Alamat email ini akan mengikuti domain dari website yang dibuatnya.

Jadi emailnya akan berbentuk namakun@namadomain.com yang bisa dicustom sesuai dengan keinginan pemilik website. Walaupun terlihat sederhana, namun alamat email seperti ini lebih menonjolkan kesan profesionalismenya. Apalagi, dengan alamat email yang khusus seperti ini pengguna akan lebih mudah terhindar dari spam dan pesan sampah.

Mempermudah Pengguna Untuk Meningkatkan SEO

Jika berbicara mengenai pengertian web hosting dan seputar website. Pastinya harus membahas mengenai SEO juga. SEO adalah salah satu aspek wajib yang harus diterapkan di konten website. Tujuannya untuk membuat website muncul di halaman pertama pencarian Google.

Ternyata hosting website juga bisa berpengaruh pada peningkatan SEO,loh. Misalnya jika penyedia jasa hosting sudah termasuk dengan SEO Tools di dalamnya maka akan semakin mudah juga bagi para pemilik website, untuk menciptakan konten yang sesuai dengan standar SEO.

Selain itu, seperti yang dikatakan sebelumnya, hosting juga mempengaruhi performa dari website. Performa website yang rendah dengan proses bounce rate yang lama dapat mempengaruhi peringkat SEO dari website. Bahkan, load website ini dihitung per detik, di mana setiap keterlambatan 1 detik dari load website dapat mengurangi peringkat sampai 7%nya, loh.

Menyimpan Data yang Diupload di Website

Seperti yang dituliskan sebelumnya di pengertian web hosting. Tujuan utama dari adanya hosting adalah untuk penyimpanan data. Tentu saja, hal ini menjadikan penyimpanan adalah fungsi utama dari hosting. Data tidak hanya sekedar disimpan saja di hosting, melalui hosting pulalah pemilik website akan memiliki kebebasan akses untuk mengelola data yang diupload.

Sebagai tempat penyimpanan, saat memilih web hosting, pastikan untuk memilih kapasitas yang tepat. Jika memang ingin menyimpan banyak konten dan gambar pada website. Pastikan untuk memilih web hosting dengan kapasitas yang cukup besar.

Pentingnya Memilih Penyedia Web Hosting yang Berkualitas

Setelah membahas pengertian web hosting beserta fungsinya. Dapat diketahui bahwa peran web hosting dalam kelangsungan website ini sangatlah besar. Bahkan, bisa dikatakan website tidak bisa berjalan tanpa adanya web hosting. Karena itu, untuk membangun website yang berkualitas dan berkelanjutan, sangat penting untuk memilih web hosting yang berkualitas.

Maksimal atau tidaknya fungsi yang dijalankan oleh web hosting sangat bergantung pada fasilitas, layanan, dan kualitas yang diberikan oleh penyedia web hosting. Walaupun, dalam tahap coba-coba atau masih pemula. Tetaplah, pilih penyedia jasa web hosting yang berkualitas dan baik layanannya.

Jadi itulah pengertian web hosting beserta fungsi dan pengaruhnya terhadap website. Pengetahuan ini tentu saja penting untuk dipahami. Sebelum benar-benar membangun dan mengelola website secara mandiri.

Leave a Comment