Pengertian Meta Tag, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Buat seseorang yang berkecimpung di lingkungan website, penting sekali mengetahui pengertian meta tag. Karena strategi ini sangat berguna bagi website untuk kedepannya. Meta tag sendiri mempunyai fungsi yang signifikan. Selain memahami artinya, anda perlu mendalami mengenai jenis-jenis meta tag dan langkah membuatnya.

Apa Itu Meta Tag?

Apakah pengertian meta tag itu? Meta tag merupakan salah satu strategi dari teknik SEO yang memiliki peran penting bagi website. Sebab deskripsi ini menerangkan konten yang akan ditampilkan ketika mengakses halaman pencarian. Melalui penggunaannya yang tepat, mungkin sekali website bisa menempati urutan pertama pada halaman pencarian yang ada di google.

Meta Tag yang menarik dapat

Sebenarnya meta tag tidak tertulis dalam konten. Hanya saja penempatannya ada pada bagian head yang terdapat di halaman source code. Secara umum memang dibuat dengan HTML dan ditampilkan dalam header website. Tapi bagi yang tidak menguasai tentang coding, bisa menggunakan cara yang lebih mudah, yakni plugin SEO dalam WordPress.

Fungsi Meta Tag

Melalui pengertian meta tag di atas tentu dapat diketahui bahwa teknik ini mempunyai manfaat signifikan. Terutama untuk konten berikut website yang dimiliki. Berikut ini beberapa fungsi dari meta tag yang bisa disimpulkan:

Memudahkan Google dalam Melakukan Identifikasi

Fungsi utama dari meta tag yaitu membantu google saat melakukan identifikasi. Unsur ini juga dapat digunakan oleh google untuk mempermudah ketika mengindeks sebuah website. Cara yang diterapkan yaitu dengan mencocokkan kata kunci yang ada di dalam konten dengan hasil pencarian. Langkah ini pun bisa menjadi jalan untuk mendongkrak angka traffic.

Memudahkan Pengguna Mengetahui Isi Konten

Kegunaan meta tag kedua yaitu membantu pengguna untuk mengetahui isi dari konten secara umum. Karena Google akan menampilkan judul yang disusul deskripsi mengenai sebuah website kepada para pengguna. Sehingga, dalam hal ini penting sekali untuk membuat meta tag yang menarik. Yang mana dengan sekali melihat, pengguna langsung mengklik website tersebut.

Mengoptimasi Website

Sebenarnya, dalam algoritma yang digunakan Google, kata kunci bukan lagi penentu sebuah website bisa masuk di halaman pertama pencarian. Tapi beberapa ahli SEO memberikan pendapat dan sarannya. Bahwa penggunaan keyword dapat menjadi langkah tepat untuk mengoptimasi website. Sehingga lebih tinggi lagi nilai traffic yang akan diperoleh.

Jenis-Jenis Meta Tag

Berdasarkan pengertian meta tag dan fungsinya, ada bagian-bagian tertentu yang membuatnya sangat berguna. Karena memang secara umum meta tag memiliki tiga jenis dengan penempatan yang berbeda. Berikut ini jenis-jenis dari meta tag:

Meta Title

Yang pertama yaitu meta title atau juga biasa disebut title tag. Bagian ini merupakan judul utama dan ditampilkan saat seseorang mencari informasi di situs pencarian google. Contohnya seperti “Tips dan Cara Membuat Meta Tag.” Jika para pengguna mengklik judul tersebut, maka akan diarahkan ke sebuah situs yang menjadi tujuan utama.

Letak dari meta title berada pada urutan paling atas. Dan fungsinya sendiri yaitu memberikan informasi kepada para pengguna tentang isi dari sebuah konten. Selain itu, juga menunjukkan bagaimana pokok dari pembahasan yang ada dalam halaman tersebut. Sehingga saat membuatnya pun tidak boleh asal. Harus unik agar bisa menarik para pengguna.

Meta Description

Jenis meta tag yang kedua yaitu meta description. Unsur ini sama seperti title tag yang juga dimunculkan pada halaman hasil pencarian. Tapi bedanya, meta deskripsi berisi simpulan atau rangkuman keseluruhan dari isi konten. Letaknya sendiri berada di bawah meta title. Bagaimana, tentu sudah bisa menggambarkan bentuk dari meta description bukan?

Karena termasuk dalam bagian penting, meta description juga harus dibuat semenarik mungkin. Gunakan pula susunan kalimat yang tepat dan mudah dipahami. Karena hal ini dapat meningkatkan angka traffic dari website yang dibuat. Cara kerjanya sendiri yaitu menginformasikan tentang gambaran isi konten. Jadi sebelum meng-klik link tersebut, pengguna sudah menemukan jawabannya.

Meta Keyword

Meta keyword merupakan jenis dari meta tag yang terakhir. Bisa dikatakan, kata kunci memiliki peran sangat penting demi keberlangsungan sebuah website. Pemilihannya yang tepat bisa menjadi salah satu jalan utama untuk mendongkrak angka kunjungan pengguna. Karena target yang sesuai akan membuat website lebih mudah ditemukan, bahkan ditampilkan di rangking atas.

Kata kunci bertugas memberi tahu kepada mesin pencarian mengenai isi dari sebuah unggahan atau artikel yang ada dalam website. Yang perlu diperhatikan, keyword harus tercantum di dalam konten. Sehingga pemilihannya pun tidak boleh sembarangan. Saat menentukan kata kunci, buatlah yang paling sesuai dan relevan dengan konten yang dibuat.

Tips dan Cara Membuat Meta Tag

Rasanya tidak lengkap jika hanya mengetahui pengertian meta tag dan jenisnya. Oleh karena itu, berikutnya ini akan diberikan beberapa tips saat membuatnya. Selain itu, akan dijelaskan pula mengenai cara-cara membuat meta tag dengan kode HTML atau plugin SEO.

Membuat Meta Title

Meta title ini yang menonjol dan diletakkan di urutan paling atas. Oleh karena itu, pembuatannya tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa tips yang perlu untuk diketahui:

  • Tentukan judul yang unik dan tentunya menarik
  • Usahakan tidak melebihi 60 karakter
  • Sisipkan kata kunci di antara judul
  • Pastikan sesuai dengan isi konten

Jika sudah tahu tips yang tepat untuk membuat meta tag, sekarang buatlah dengan menggunakan kode HTML. Caranya yaitu dengan menyusun kode <Title>Judul yang Sudah Ditentukan</Title>. Lalu letakkan di antara tagline <head> dan </head> pada file HTML.

Tapi jika website berbasis WordPress, maka menggunakan salah satu plugin SEO bernama Yoast SEO. Berikut langkahnya:

  • Instal Yoast SEO
  • Buka dan pilih menu Features
  • Klik Advance Setting dan aktifkan pengaturannya
  • Setelah pengaturan diaktifkan, buka postingan yang ingin diberikan meta title
  • Gulir ke bawah dan temukan pengaturan Yoast SEO
  • Pada laman SEO, pilih kolom snippet
  • Klik Edit Snippet dan tuliskan meta tag di kolom SEO Title. Jika judul tersebut tergolong baik, maka akan mendapatkan tanda berwarna hijau

Membuat Meta Description

Sama seperti title tag, dalam membuat meta description juga ada tips-tips agar mendapatkan hasil yang sesuai. Berikut ini tipsnya:

  • Jangan buat terlalu panjang atau terlalu pendek
  • Masukkan keyword di antara meta deskripsi
  • Harus relevan dengan isi
  • Menarik dan layak untuk di klik

Jika ingin membuat dengan coding, maka kode HTMLnya adalah <Meta Content=’Tuliskan Deskripsinya’Name=’Description’/>. Tapi jika ingin lebih mudah dengan Yoast SEO, sama seperti sebelumnya. Hanya saja ketikkan deskripsi tersebut pada kolom Meta Description.

Membuat Meta Keyword

Kata kunci yang dibuat tidak boleh asal. Harus sesuai dengan isi konten dan usahakan tidak melewati 10 karakter. Jika ingin menentukan keyword yang tepat, bisa memanfaatkan tools. Seperti Google Suggest, Google Keyword Planner, atau KWFinder.

Kode HTML dari keyword adalah <Meta Content=’Kata Kunci’Name=’Keywords’/>. Sedangkan pada Yoast SEO harus diatur dengan cara manual terlebih dahulu. Caranya yaitu:

  • Bukalah menu Titles & Meta
  • Pilih Other
  • Aktifkan opsi User Meta Keyword Tag dan simpan perubahannya
  • Masukkan keyword pada kolom bawah snippet
  • Tekan Update untuk menyimpan perubahan

Itulah penjelasan rinci mengenai pengertian meta tag dan fungsinya bagi website. Strategi ini harus diperhatikan benar agar angka traffic bisa lebih cepat meningkat. Jadi, untuk membuatnya pastikan melihat tips dan langkah-langkahnya secara cermat.

Leave a Comment