Pengertian Backlink, Manfaat, Jenis, Serta Cara Menggunakannya

Dunia digital memang terus berkembang hingga banyak teknik penulisan yang digunakan untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap suatu sumber. Pada industri penulisan artikel, dikenal juga ada backlink yang mungkin kini harus diketahui untuk menulis dalam SEO. Pasti juga banyak orang yang belum memahami pengertian backlink, jenis, dan manfaat yang dimiliki.

Pengertian Backlink
Perlukah kita memakai backlink untuk keperluan SEO?

Oleh karena itu, banyaknya ungkapan yang kadang sulit dipahami atau dimengerti menjadikan tugas belajar baru. Selain tata tulis dan penataan situs yang terus berkembang, kini kehadiran backlink juga disukai dan banyak dipilih untuk dilakukan. Nah pada penjelasan kali ini akan dibahas mengenai pengertian backlink, jenis, manfaat, dan langkah yang harus dilakukan untuk memperolehnya.

Sebelum memahami lebih jauh, ketahui dahulu pengertian backlink agar dapat menggunakan dengan benar dan manfaatnya juga dapat dirasakan. Backlink merupakan sebuah cara untuk membantu pembaca artikel pada suatu website  menemukan berita atau informasi tambahan. Sederhananya adalah link pada website utama ditambahkan kepada artikel yang dibuat dengan konten yang hampir serupa.

Akan tetapi harus membuat artikel dahulu yang berisi suatu informasi, kemudian memberikan link tambahan dari website yang dimiliki. Oleh karena itu, pembaca akan dengan mudah mengunjungi website utama karena disarankan juga dengan situs lainnya. Menggunakan backlink, para pembaca akan lebih mudah untuk menemukannya karena memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih banyak kuantitasnya.

Penyebutan backlink juga dikenal sebagai pranala balik yang kehadirannya adalah imbas dari banyaknya aturan yang disediakan oleh Google untuk memanfaatkan fiturnya. Misal aturan yang cukup menuliskan adalah algoritma penguin pada Google yang menurunkan situs dengan backlink dianggap spam. Sebenarnya penggunaan backlink dapat dimanfaatkan hanya untuk tambahan informasi atau meneruskan ke website utama.

Sedikit saran yang akan menggunakan backlink untuk meningkatkan peringkat atau traffic yaitu pastikan menggunakan quality backlink agar tidak dianggap spam. Beberapa hal yang menandai penggunaan quality backlink adalah pembahasan topik yang sama, sumbernya terpercaya, dan berpotensi memberikan traffic.

Setelah memahami pengertian backlink selanjutnya adalah perlu ketahui juga manfaat yang akan diperoleh untuk pemilik website ketika menggunakan backlink. Manfaat yang diperoleh juga tergantung pada penggunaan jumlah backlink karena semakin sering menggunakannya maka akan semakin besar pula manfaatnya. Terdapat berbagai manfaat yang dapat dirasakan antara lain seperti:

Membangun Kepercayaan Terhadap Konten

Adanya link yang dihadirkan pada artikel lain akan meningkatkan kredibilitas situs yang dimiliki sebab pembahasan yang dilakukan hampir serupa. Hal ini juga menjadikan pembaca semakin percaya terhadap konten sumber website yang ada dalam artikel tersebut.

Mempercepat Website Naik Peringkat di SERP

Search Engine Result Pages atau SERP adalah urutan yang muncul ketika dilakukan pencarian kata kunci di bar search. Semakin tinggi peringkat SERP maka urutan kemunculan artikel pada pencarian dengan kata kunci serupa juga semakin tinggi.

Peringkat pada SERP cukup sulit ditingkatkan, namun akan lebih mudah jika situs web yang dimiliki disebutkan pada artikel lain. Kemudian dari hal itu akan membantu Google mendeteksi dan meningkatkan skor. Sebenarnya peringkat yang ada pada SERP dapat ditingkatkan secara cepat dengan menggunakan tambahan biaya tertentu.

Akan tetapi, ada cara gratis lainnya yang dapat dilakukan dengan membuat atau mendorong untuk menggunakan backlink. Misalnya pemilik situs website dapat membuat situs kedua yang berisi untuk menyisipkan backlink dari situs utama sebagai sumbernya.

Memperbanyak Traffic yang Diperoleh

Sesuai dengan pengertian backlink yang dibahas sebelumnya, nah hal ini juga berlaku untuk menambah traffic atau jumlah kunjungan. Peningkatannya disebabkan oleh penggunaan backlink pada artikel diluar sumber utama.

Pembahasan selanjutnya setelah memahami pengertian backlink dan manfaat yang akan diperoleh, maka selanjutnya adalah jenis backlink yang sering digunakan. Umumnya pada penulisan artikel SEO menggunakan beberapa jenis backlink agar pembahasan tidak terkesan memaksa keberadaannya. Untuk itu, ada beberapa jenis yang dapat digunakan ketika memasukkannya ke dalam artikel SEO yaitu:

Pertama adalah comment backlink yang dilakukan dengan cara mengerahkan suatu link pada komentar artikel tersebut untuk membantu para pembaca menambah informasi. Berdasarkan pengertian backlink comment akan dapat berguna jika tidak digunakan terlalu banyak yang dapat dianggap sebagai spam. Misalnya ketika membahas mengenai suatu topik, maka dapat menuliskan komentar tentang topik tersebut.

Berbeda dengan comment backlink, pada jenis backlink editorial menggunakan sitasi secara langsung atau alami untuk memasukkan link ke artikel yang dibuat. Topik yang dibahas biasanya juga sesuai dengan sumber utama link kemudian dikembangkan dan ditambahkan beberapa fakta. Penyertaan backlink dengan cara ini juga dianggap dapat lebih menarik pengunjung dan meningkatkan traffic.

Jenis selanjutnya juga ternyata ada backlink yang berfungsi sebagai sekedar informasi saja. Oleh karena itu, mesin pencarian akan mengabaikan jenis ini dan tidak memasukkannya ke skor SEO. Biasanya penggunaannya hanya sebagai pelengkap ketika membuat artikel.

Berlawanan dari jenis no follow backlink, pada do follow backlink membiarkan mesin pencarian untuk mengikutkan artikel tersebut untuk meningkatkan skor. Penggunaannya dapat dilakukan dengan memberikan link langsung menuju sumber utama,

Guest Post Backlink

Bagi yang belum memahami apa itu guest post, mungkin harus mengetahuinya dahulu sebelum membahas pengertian backlink guest post. Penggunaan strategi untuk membuat guest post adalah dengan menulis suatu artikel yang akan mempromosikan suatu situs. Pada guest post akan disisipkan backlink dan akan membantu untuk meningkatkan kepercayaan sumber.

Pengertian Backlink
Mencari situs dengan domain authority yang tinggi dan kerjasama dengan cara guest post article adalah salah satu strategi jitu dalam backlink

Penjelasan terakhir setelah mengetahui pengertian backlink, jenis, dan manfaatnya maka kini adalah cara mendapatkan backlink yang aman dan berkualitas. Pertama tentukan jenis topik yang akan dibahas, langkah ini juga termasuk untuk mencari kata kunci yang sesuai agar mudah ditelusuri. Kemudian buat konten yang memiliki manfaat tinggi, berkualitas, namun tidak mengurangi keindahan penulisan, serta informasinya.

Lalu perhatikan juga pilihan gaya penulisan dan bahasa yang digunakan serta jangan teresan terlalu kaku, meskipun penulisannya harus menggunakan kata baku. Tentukan sasaran pembaca yang akan membaca tulisan yang akan dibuat, misalnya apakah mahasiswa, ibu rumah tangga, atau sebagainya. Terakhir adalah membuat konten yang jelas, padat, dan tidak bertele-tele agar mudah dipahami.

Tuang seluruh saran tersebut ke dalam tulisan, jika dirasa sudah dilakukan maka kesempatan untuk menggunakan tulisan sebagai sumber juga lebih besar. Sebenarnya ada strategi lain yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan iklan atau promosi ke orang yang memang dapat menarik pembaca. Misalnya influencer, penulis buku, penulis berita, atau sebagainya yang mampu meningkatkan jumlah traffic serta kepercayaan pembaca.

Itulah pembahasan mengenai pengertian backlink, jenis, manfaat, dan langkah yang harus dilakukan agar dapat mendapatkannya. Selain itu, backlink ini juga dapat dijadikan strategi ampuh untuk membawa lebih banyak pembaca yang mengunjungi artikel yang dimiliki.

Bagi kamu yang sudah mengusai backlink dan ingin mengetahui tentang PBN kamu dapat membacanya juga di Kontenpositif. Demikian penjelasan kali ini dan diharapkan dapat bermanfaat serta digunakan untuk kepentingan yang baik.

2 thoughts on “Pengertian Backlink, Manfaat, Jenis, Serta Cara Menggunakannya”

Leave a Comment