10 Jenis Pekerjaan Marketing yang Wajib Diketahui

Jenis Pekerjaan Marketing Untuk Kamu Anak Muda – Mendengar kata marketing, kita pasti memikirkan hal yang berhubungan dengan pemasaran. Secara garis besar marketing memang berhubungan dengan pemasaran suatu produk atau jasa. Namun nyatanya yang termasuk dalam pekerjaan marketing ini cukup kompleks dan mempunyai cakupan yang luas terutama di era yang semua mengandalkan kecepatan teknologi seperti sekarang ini.

Kemudahan mengakses informasi membuat marketing tidak hanya menyajikan produk yang berkualitas saja. Namun termasuk juga pengemasan iklan, promosi digital hingga penyusunan event demi memperlancar marketing.

Apa Itu Marketing?

Pengertian marketing dapat dikatakan sebagai proses untuk membuat masyarakat tertarik pada sebuah produk yang ditawarkan. Pekerjaan marketing ini memiliki arti penting dalam sebuah bisnis. Tujuan dari kegiatan ini tak hanya untuk membuat orang tertarik namun juga membuat bisnis berkembang.

Dengan berkembangnya teknologi maka kegiatan marketing semakin berkembang. Marketing sendiri sudah dimulai sejak proses produksi hingga distribusi. Semua proses dalam marketing tersebut penting untuk membangun branding yang baik kepada konsumen.

Karir Dalam Dunia Marketing

Dunia marketing mempunyai jenjang karir yang terlihat menjanjikan. Untuk membangun karir dalam dunia marketing terdapat 4 peran yang bisa diambil, diantaranya komunikasi pemasaran, konten dan media sosial, SEO dan digital marketing. Biasanya keempat peran tersebut akan dikerjakan oleh para fresh graduate.

Online Marketing sangat dibutuhkan di zaman modern

Setelah itu, jenjang selanjutnya adalah manajer. Pekerjaan dari marketing manajer adalah membuat konsep, hingga mengevaluasi strategi. Untuk bagian ini maka membutuhkan pengalaman yang lebih dari 2 tahun.

Pada jenjang tertinggi karir marketing adalah direktur. Pekerjaan marketing yang dilakukan oleh direktur akan selalu berhubungan dengan manajer dalam hal membangun strategi. Untuk semua keputusan perihal konsep dan strategi berada di tangan direktur.

Jenis Pekerjaan Marketing Pilihan

Marketing tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Sebab untuk melakukan kegiatan marketing ini membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Berikut ini ada beberapa pekerjaan marketing yang perlu untuk diketahui:

1. Brand Marketing

Pekerjaan yang satu ini penting untuk menjaga citra baik perusahaan dimata konsumen. Pekerjaan ini membutuhkan skill komunikasi yang baik dan branding management. Dengan demikian posisi brand marketing dapat membuat konsumen menjadi percaya kepada perusahaan.

2. Product Marketing

Divisi marketing yang satu ini mengurus seputar strategi promosi untuk sebuah produk dan perusahaan. Pekerjaan ini fokus untuk bertanggung jawab atas pemilihan sebuah produk, cara mengkomunikasikannya dan positioning produk tersebut di pasaran. Dengan demikian pekerjaan marketing ini membutuhkan skill untuk merencanakan strategi yang baik.

3. Digital Marketing

Berkembangnya dunia digital telah menggeser kegiatan promosi yang konvensional ke arah digital. Kini semua jenis usaha pasti menggunakan pemasaran dengan menggunakan media digital. Sebab pemasaran dengan cara ini dapat menarik audience yang lebih banyak.

Pekerjaan jenis ini sangat banyak dibutuhkan. Untuk melakukan digital marketing, maka harus mempunyai skill yang mumpuni dalam bidang SEO, SEM dan sosial media marketing. Selain itu pekerjaan digital marketing juga harus aware dengan tren yang sedang ada di masyarakat.

4. Copywriter

Copywriter mempunyai peran yang penting dalam kegiatan marketing. Seorang copywriter membutuhkan kecakapan dalam mengolah kata dan bahasa untuk membuat branding sebuah produk yang ditawarkan. Dengan demikian copywriter akan membuat sebuah kalimat persuasif yang digunakan untuk memikat konsumen.

Perkembangan bisnis yang ada di nusantara membuat pekerjaan ini mempunyai banyak peluang untuk berkembang. Copywriter kini menjadi pekerjaan yang banyak dicari. Dengan membangun branding dan membuat konsumen langsung mengingat produk tersebut setelah mendengar sebuah tagline merupakan bentuk suksesnya copywriter.

5. Influencer

Jenis Pekerjaan marketing yang satu ini pasti sudah tak asing didengar. Tak heran jika pekerjaan ini juga menjadi bagian dari marketing, sebab kini konsumen cenderung mencari informasi melalui media sosial. Dengan demikian pemilik bisnis dapat menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produknya.

Bekerja sebagai influencer memiliki kebebasan untuk bekerja di luar kantor. Biasanya influencer akan membuat konten mengenai produk tersebut melalui kanal Youtube, postingan Instagram maupun blog. Marketing dengan menggunakan influencer dapat menghasilkan audience yang lebih luas melalui follower dari influencer tersebut.

Untuk mempekerjakan influencer biasanya menggunakan sistem endorse maupun paid promote. Dengan sistem endorse, pemilik bisnis akan memberikan sejumlah produk dan menyerahkannya kepada influencer untuk dikreasikan menjadi berbagai konten menarik. Sedangkan paid promote, influencer hanya perlu menyebarkan materi yang telah disediakan.

6. Social media specialist

Siapa disini yang suka scroll video di Tik Tok atau melihat postingan di Instagram? Agaknya kini sosial media menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan. Dengan pengguna yang banyak, membuat media sosial menjadi lahan empuk untuk melakukan marketing.

Untuk itu disinilah peran social media specialist tersebut. Pekerjaan ini harus dapat menjangkau konsumen melalui berbagai event yang ada di sosial media. Pekerjaan ini tentunya memiliki tantangan tersendiri.

Seorang social media specialist harus mampu menganalisis tren dan pola marketing melalui media sosial. Social media specialist akan berfokus untuk menciptakan sebuah konten yang kreatif dan menarik. Setelah itu social media specialist akan merancang strategi yang tepat untuk melakukan marketing di media sosial.

7. Graphic Designer

Tak hanya perihal kualitas namun tampilan fisik juga merupakan hal penting dari sebuah produk. Sebab keindahan dan keunikan dari tampilan sebuah produk akan membuat konsumen lebih mudah tertarik dan mengingat produk tersebut. Oleh karena itu disinilah pentingnya graphic designer.

Mempunyai skill dalam bidang desain grafis kini menjadi salah satu jenis pekerjaan marketing yang banyak dicari. Jika mempunyai skill untuk menggunakan berbagai macam software editing maka pekerjaan yang satu ini pasti cocok. Seorang graphic designer juga dituntut untuk dapat peka dan mempunyai imajinasi yang tanpa batas.

8. Account Executive

Istilah pekerjaan marketing yang ini mungkin masih asing didengar. Account executive mempunyai tugas utama untuk mengkomunikasikan produk kepada klien untuk mendapatkan deal yang menguntungkan. Dalam pekerjaan ini tentu akan sangat membutuhkan skill komunikasi verbal yang mumpuni.

9. Marketing Analyst

Pekerjaan yang satu ini membutuhkan ketelitian dan peka terhadap detail yang terjadi di pasar. Seorang marketing analyst akan bertugas untuk menganalisis data yang terjadi di pasar dan menuangkannya dalam bentuk laporan. Laporan tersebut yang nantinya akan berguna untuk membuat strategi pemasaran.

10. Digital Marketing Consultant

Pekerjaan yang satu ini mempunyai jam kerja yang lebih fleksibel. Biasanya perusahaan akan  membutuhkan jasa digital marketing consultant untuk menganalisis pemasaran dan memberikan masukan untuk meningkatkan pemasaran dan kinerja tim. Untuk bekerja di divisi ini maka membutuhkan pengalaman yang baik dan didukung dengan bukti sukses dalam melakukan pemasaran digital.

Itu tadi adalah beberapa jenis pekerjaan marketing yang perlu diketahui. Pekerjaan di dunia marketing kini memiliki cakupan yang sangat luas, sebab kegiatan marketing kini juga masuk ke ranah digital. Oleh sebab itu dibutuhkannya kreativitas dan keinginan untuk terus terus belajar hal baru agar dapat menguasai pemasaran secara online maupun offline.