Cara Belajar SEO dan Manfaatnya bagi Website

Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi jitu yang digunakan agar sebuah website bisa tampil di urutan teratas pada mesin pencarian. Tapi sebagian masih belum tahu bagaimana cara yang benar untuk belajar SEO. Untuk itulah, membaca artikel ini merupakan langkah tepat. Dalam penjelasan akan diuraikan secara rinci agar cepat memahami SEO.

Cara Belajar SEO
SEO mempunyai cakupan luas dalam hal teknis

Kenapa Kita Perlu Belajar SEO?

Sebelum masuk ke inti tentang cara belajar SEO, tentu harus tahu sebenarnya apa maksud darinya? Search Engine Optimization bisa dikatakan sebagai cara untuk mengoptimasi sebuah website. Karena teknik ini sangat memungkinkan untuk membuat kualitas dan kuantitas dari traffic meningkat cepat. Jadi, para visitor tidak sekadar mampir melihat isi konten saja.

SEO bisa digunakan oleh para pemilik website untuk memperlancar dalam meraih tujuannya. Salah satunya yaitu meningkatkan branding serta jumlah transaksi. Ini khususnya bagi yang memiliki bisnis tertentu. Salah satu jenis SEO yang paling utama adalah SEO Google. Karena sampai saat ini, mesin pencari tersebut masih menjadi favorit oleh para pengguna internet.

Manfaat Dan Kegunaan Belajar SEO

Agar tidak sia-sia dalam belajar SEO, sebaiknya baca dulu beberapa manfaatnya. Karena memang teknik ini sangat penting dan harus diketahui. Terutama bagi yang ingin membuat website atau menulis artikel. Berikut ini manfaat dari SEO:

Meningkatkan Angka Kunjungan (Traffic) Ke Webiste

Pasti tulisan yang kamu tulis ingin dibaca banyak pembaca kan?

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa SEO menjadi jalan utama untuk mendongkrak angka kunjungan. Hal ini karena membuat website bisa ditampilkan pada halaman pertama dari hasil pencarian. Tidak mungkin para pencari informasi di Google membukanya hingga halaman kedua bahkan ketiga. Pasti yang dibuka pertama kali adalah artikel-artikel yang berada di deretan atas.

Website Akan Lebih Mudah Ditemukan Dengan SEO

Hampir sama seperti sebelumnya, SEO juga mampu membuat website lebih mudah untuk ditemukan. Tapi dalam hal ini yang berperan penting adalah kata kunci. Adanya berbagai keyword bisa memperluas jangkauan audiens yang mencari informasi. Jadi, targetkan kata kunci dengan tepat. Pastikan juga relevan dengan konten yang dibahas.

Dapat Membangun Kualitas Sebuah Brand

Bagaimana mungkin SEO bisa membangun sebuah brand? Karena memang itulah salah satu manfaatnya. Kebanyakan pasti melakukan riset ketika ingin membeli produk. Dan dengan teknik SEO yang tepat, kualitas brand akan meningkat. Semakin sering website muncul, maka orang-orang juga akan semakin mengenal brand tersebut.

Metode Dan Cara Untuk Mempelajari SEO

Setelah tahu bahwa ternyata Search Engine Optimization itu sangat bermanfaat, maka tentu semakin serius untuk mempelajarinya. Salah satu langkahnya yaitu dengan membaca cara-cara yang akan diuraikan berikut. Pastikan menyimaknya secara saksama.

Pahamilah Dasar-Dasar SEO

Hal yang mustahil jika ingin belajar SEO tapi tidak tahu dasar-dasarnya bagaimana. Sebagai pemula, sebaiknya ketahuilah fundamental dari Search Engine Optimization berikut ini:

  • Konsep dasar. Beberapa hal yang termasuk dalam konsep dasar adalah konten dan keyword yang harus selaras, isi yang berkualitas, navigasi dan strukturnya harus jelas, kepuasan, dan penulisan.
  • SEO Off Page. Beberapa teknik yang termasuk dalam fundamental ini yaitu branding, link building, dan cara share ke media sosial.
  • SEO On Page. Dalam hal ini harus mempelajari tentang platform CMS, server, kecepatan dalam menemukan konten, dan navigasi serta struktur
  • Riset Keyword. Mencari kata kunci yang paling menarik. Bisa menggunakan tool gratis agar lebih mudah
  • Content Marketing. Para pembuat website harus lebih fokus pada konten yang dibuat. Jangan lupa untuk mengedepankan kualitas daripada kuantitasnya.

Perbanyaklah Melakukan Praktik Untuk Dapat Memahami SEO Dengan Baik

Jika dibuat perbandingan, sebaiknya para pemula harus lebih sering melakukan praktik dan percobaan. Prosentase dari belajar SEO sendiri adalah 20%. Sedangkan sisanya, yakni 80% digunakan untuk praktik. Mengapa harus demikian? Karena semakin sering mencoba, akan tahu cara kerja SEO yang sebenarnya. Selain itu juga lebih paham penerapan SEO dalam website.

Belajarlah Kepada Ahlinya

Sebenarnya mempelajari SEO merupakan hal yang tidak terlalu mudah. Tapi tidak mustahil jika ingin cepat untuk memahaminya. Salah satu cara belajar SEO adalah belajar dengan orang yang sudah ahli mengenai Search Engine Optimization. Orang-orang tersebut pasti sudah menguasai tentang teknik-teknik yang ada di dalam SEO. Selain itu juga lebih paham semua seluk beluknya.

Jika belajar Search Engine Optimization kepada ahlinya, teknik yang dijelaskan sudah pasti benar. Selain itu, para ahli akan memberikan bimbingan sampai paham dengan teknik SEO. Sebenarnya ada banyak tempat yang menyediakan kursus SEO. Tapi ada juga cara gratis dan tidak perlu keluar banyak uang. Yaitu dengan mengikuti internship dalam sebuah perusahaan.

Perbaikilah Proses Belajar SEO Dengan Teliti

Cara yang berikutnya ini juga tidak boleh dilupakan. Jika ternyata ada yang salah pada saat proses mempelajari Search Engine Optimization, tentu untuk memahaminya pun sulit. Jangan malah mencari metodologi. Proses yang keliru tersebut harus segera diperbaiki. Bukannya dicari pembenaran atas kesalahan dan melanjutkan pembelajaran itu.

Para pemula harus tahu proses mana yang ternyata memiliki kekurangan. Lakukan juga identifikasi dengan tepat. Sehingga bisa menentukan, proses belajar mana yang harus dihentikan atau diteruskan. Selain itu, jangan terpaku pada satu teknik SEO yang dipelajari. Karena teknik yang sulit, tentu tidak membutuhkan waktu sebentar dalam proses untuk memahaminya.

Tekunlah dalam Mempelajari SEO

Sifat tekun sangat penting dijaga ketika mempelajari Search Engine Optimization. Karena memang teknik dari SEO tidak hanya satu. Ada beberapa teknik yang harus dimengerti, khususnya terkait fundamental dan konsep dasarnya. Jangan mudah bosan dan menyerah ketika ada teknik yang sulit untuk dipahami. Tetaplah mencoba dan praktikkan teknik tersebut setelah mempelajarinya.

Fokuslah pada Teknik SEO yang Sedang Dikerjakan

Jika belajar SEO pada beberapa pakar sekaligus, tentu metode yang dipakai tidaklah sama. Cara mempelajarinya pun berbeda. Jadi, diri pribadi para pemula harus tahu, sebenarnya teknik SEO mana yang sesuai untuknya? Jangan sampai malah memilih teknik yang dan membuat sulit untuk memahaminya.

Sebenarnya teknik dari Search Engine Optimization itu sangat luas. Jadi, tentukan yang paling mudah untuk dipelajari dan dipahami. Setelah menemukan yang terbaik, fokuslah pada satu teknik itu. Jangan baru dapat setengah jalan, malah beralih ke teknik yang lain. Tentu akan semakin lama menguasai SEO.

Jangan Lupa Belajar Untuk Bersabar

Selain tekun, sifat ini juga tak kalah pentingnya. Tidak ada cara yang instan untuk menguasai sesuatu, begitu pun dengan SEO. Tentunya tidak mungkin, baru belajar satu atau dua hari tapi sudah ada hasil yang tampak. Untuk mengerti satu teknik SEO saja membutuhkan proses yang cukup rumit.

Seperti ketika mempelajari link building. Karena masih pemula, tentu agar benar-benar tahu tekniknya butuh waktu lama. Bersabarlah dan teruslah mempraktikkannya. Tunggulah hingga ada dampak yang dirasakan pada website. Lakukan pula identifikasi kepada proses dan website yang dijalankan.

Penutup Cara Belajar SEO

Demikian uraian lengkap mengenai cara belajar SEO bagi pemula dan agar cepat untuk memahaminya. Sebaiknya tekunlah dalam mempelajarinya karena SEO sangat berguna bagi website. Strategi ini bisa meningkatkan jumlah kunjungan para pengguna internet dengan menampilkan website di halaman pertama.

1 thought on “Cara Belajar SEO dan Manfaatnya bagi Website”

Leave a Comment